disway

Suku Cadang Suzuki Karimun Kotak Masih Melimpah, Begini Fakta dan Tips Perawatannya

Suku Cadang Suzuki Karimun Kotak Masih Melimpah, Begini Fakta dan Tips Perawatannya

Suku Cadang Suzuki Karimun Kotak Masih Melimpah, Begini Fakta dan Tips Perawatannya Foto: Ros Prabumulih Pos--

PRABUMULIHPOS.CO – Meski usianya sudah lebih dari dua dekade, Suzuki Karimun Kotak tetap memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Desainnya yang mungil dan efisien menjadikannya city car legendaris, sementara ketersediaan suku cadangnya yang masih mudah ditemukan membuat mobil ini tetap digemari hingga kini.

Model yang pertama kali hadir di awal tahun 2000-an ini dibekali mesin tangguh tipe F10A yang juga digunakan pada Suzuki Carry dan Forsa. Hal ini membuat sebagian besar komponen mesinnya kompatibel dengan model lain, sehingga suku cadang mesin dan kaki-kaki Karimun Kotak tergolong mudah didapat dan berharga terjangkau.

Suku Cadang Masih Banyak, Biaya Perawatan Terjangkau

Beberapa pemilik lama menyebut, biaya perawatan Karimun Kotak terbilang ekonomis, terutama untuk komponen fast moving seperti filter oli, kampas rem, atau busi.

Selain itu, komponen mesin dan transmisi juga dikenal awet jika dirawat secara rutin. Tak sedikit mekanik menyebut mobil ini “jarang rewel” meski usia pakainya sudah mencapai 15–20 tahun.

BACA JUGA:Harga Bekas dan Pajak Chery QQ: Mobil Imut yang Ramah di Kantong dan Tetap Dicari

BACA JUGA:Chery QQ, Mobil Kecil Penuh Fitur Canggih yang Masih Relevan di Era Modern

Suku cadang umum seperti shockbreaker Kayaba Excel-G, engine mounting, hingga wheel cylinder rem masih banyak dijual di platform e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee dengan harga mulai Rp130 ribu hingga Rp1,2 juta. Bahkan komponen pelengkap seperti motor fan radiator dan peredam kap mesin juga masih mudah ditemukan.

Perlu Waspada, Beberapa Komponen Bodi Mulai Langka

Namun, tidak semua komponen Suzuki Karimun Kotak mudah dicari.

Bagian eksterior dan interior seperti bumper, grill, atau kisi-kisi AC tengah mulai sulit ditemukan dan harganya cenderung tinggi karena sebagian harus diimpor dari Jepang.

Selain itu, pemilik juga disarankan memeriksa bagian kaki-kaki dan suspensi secara berkala. Usia kendaraan yang sudah mendekati dua dekade sering membuat bushing, ball joint, dan sokbreker perlu diganti untuk menjaga kenyamanan berkendara.

BACA JUGA:Suku Cadang Chery QQ: Masih Mudah Didapat, Banyak Alternatif dari Mobil Lain

BACA JUGA:Perawatan Chery QQ 800cc: Mobil Mungil yang Mudah Dirawat dan Hemat Biaya

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait