Tampil di Pameran Kopi Dunia di Amerika Serikat, UMKM Kopi Binaan BRI Tembus Pasar Internasional
Tampil di Pameran Kopi Dunia di Amerika Serikat, UMKM Kopi Binaan BRI Tembus Pasar Internasional--Bri
JAKARTA, PRABUMULIHPOS.CO - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menembus pasar internasional.
Komitmen tersebut diwujudkan melalui dukungan BRI terhadap keikutsertaan dua UMKM kopi binaan dalam ajang bergengsi Specialty Coffee Expo 2025 yang digelar pada 25–27 April 2025 di Houston, Texas, Amerika Serikat.
Dalam partisipasi ini, BRI melalui Kantor Perwakilan BRI New York berkolaborasi dengan KBRI Washington DC melalui Atase Perdagangan untuk memfasilitasi dua UMKM kopi terpilih, yakni Ci Kopi Mang Eko dari Jawa Barat dan Caldera Coffee dari Sumatera Utara.
Keduanya mendapatkan dukungan booth masing-masing dalam Paviliun Indonesia untuk menampilkan produk kopi unggulan kepada audiens internasional, sekaligus membuka peluang kerja sama dan ekspansi pasar ke Amerika Serikat dan negara lainnya.
BACA JUGA:Apresiasi Nasabah Loyal, BRI Serahkan Hadiah BRImo FSTVL 2024 kepada Para Pemenang
Specialty Coffee Expo merupakan ajang tahunan terbesar industri kopi spesialti global yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association (SCA), dan menjadi titik temu utama bagi ribuan pelaku industri dari seluruh dunia—mulai dari pemanggang kopi, importir, peritel, profesional F&B, hingga pencinta kopi.
Tahun ini, lebih dari 600 peserta pameran dari berbagai negara hadir, didukung dengan berbagai sesi edukatif seperti 60 kuliah tematik dan 20 lokakarya mendalam yang membahas perkembangan teknologi, inovasi produk, keberlanjutan, dan tren industri kopi terkini.
Expo ini juga menghadirkan berbagai program unggulan seperti Roaster Village, Cupping Exchange, Coffee Design Awards, serta Best New Product Awards yang menjadi sorotan utama bagi para pelaku industri global.
Selama pameran, kedua UMKM binaan BRI tidak hanya menampilkan produk terbaiknya, tetapi juga terlibat aktif dalam sesi cupping, lokakarya industri, serta menjalin koneksi dengan pelaku usaha dari berbagai negara.
Partisipasi ini menjadi langkah konkret dalam membuka akses pasar internasional serta meningkatkan daya saing produk kopi Indonesia yang dikenal dengan kualitas dan karakteristik rasa yang khas.
BACA JUGA:BRI Perkuat Ekosistem Maritim melalui Skema Pembiayaan dengan PELNI
BACA JUGA:Apresiasi Nasabah Loyal, BRI Serahkan Hadiah BRImo FSTVL 2024 kepada Para Pemenang
Keterlibatan aktif selama tiga hari pameran berhasil membuahkan hasil positif, di mana kedua UMKM binaan BRI mencatatkan potensi kesepakatan bisnis (potential deal) dengan total nilai mencapai USD 945.000.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


