Kursi DPRD Berpeluang Bertambah

Kursi DPRD Berpeluang Bertambah

PERTEMUAN: KPU Kota Prabumulih menggelar pertemuan dengan pimpinan DPRD Kota Prabumulih, Rabu (10/8/2022). foto: Ros/prabupos--

//KPU Menunggu DP4 

 

PRABUMULIH - Jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD)  Kota Prabumulih, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mendatang berpotensi menjadi 30 kursi.

 

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kota Prabumulih Marjuansyah SIP usai pertemuan dengan pimpinan DPRD, Rabu (10/8/2022).

 

"Kita mendapatkan informasi DKB (Data Konsolidasi Bersih) jumlah penduduk Prabumulih yang sekarang sudah di angka 200.800 lebih, yang artinya kalau memang jumlah penduduk itu di angka Rp200.000 lebih kemungkinan besar jumlah kursi DPRD di Kota Prabumulih akan bertambah," katanya.

 

Terkait itu pihaknya masih akan menunggu PKPU dan DP4 perbulan Oktober 2022 ini dari menteri. "DP4 itulah yang akan menjadi sumber," ucapnya.

 

Berkenaan dengan itu, kata dia pihaknya juga membahas beberapa hal mengenai tahapan verifikasi faktual. "Sekarang inikan fokusnya untuk tahapan pendaftaran hanya menjadi verifikasi faktual yang baik," ucapnya.

 

Pihaknya juga mendapat informasi akan adanya pemekaran sejumlah kelurahan di Kota Prabumulih. "Tapi yang jelas kalau memang itu jadi penambahan jumlah Kelurahan ini kan pasti berdampak ke jumlah penyelenggara di badan maupun di anggaran Pemilu maupun di Pilkada mendatang," terangnya.

 

Sementara itu Ketua DPRD Kota Prabumulih, Sutarno SE menambahkan, kedatangan KPU Kota Prabumulih ke DPRD untuk menyampaikan beberapa hal terkait Pemilu. Diantaranya, jumlah penduduk kota Prabumulih yang sudah lebih dari 200 ribu sehingga ada kemungkinan penambahan kursi legislatif.

 

"Jumlah penduduk per Juni sudah 200 ribuan jadi bisa menambah kursi. Kalau di atas 200 ribu (jumlah penduduk, red) berarti bisa 30 kursi dan mudah-mudahan kami berharap dan parpol juga berharap ada tambahan kursi," ujarnya.

 

Disampaikannya, penambahan kursi tersebut tentu memberikan keuntungan bagi peserta pileg mendatang. "Tentu diuntungkan karena peluang lebih banyak dan lebih besar," pungkasnya seraya mengatakan pihaknya akan mengundang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam waktu dekat. (08)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: