Bentuk SDM yang Melek Digital Melalui GTA

Bentuk SDM yang Melek Digital Melalui GTA

Suasan para operator SPBE saat mengikuti Digital Talent Scholarship. Foto: Eka/ pp--

Prabumulihpos.co.id- Kota Prabumulih melalui Dinas Kominfo Kota Prabumulih gelar Digital Tallent scholarship, atau pelatihan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia Berbasis digital, melalui Pendidikan dan Pelatihan Government Transpormation Akademy (GTA).

Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh operator Sistem pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE) Se Kota Prabumulih, mulai dari semua operator Satuan kerja perangkat Daerah (SKPD), operator di Kecamatan, Kelurahan dan Desa, sebanyak 130 orang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM , di gedung kesenian Rumah Dinas Wali Kota Prabumulih, Kamis (18/8/2022), dan dilanjutkan dengan pelaksanaan pelatihan di Universitas Prabumulih hingga tiga hari ke depan.

"Alhamdulillah kota Prabumulih saat ini, menjadi satu satunya Kota yang ditunjukkan oleh Kementrian Kominfo, untuk melaksanakan pelatihan dan membentuk SDM agar lebih meningkatkan kompetensinya bidang digital untuk menuju Prabumulih sebagai smart City," jelas Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM.

Saat ini tidak ada lagi daerah yang blank spot di Kota Prabumulih, artinya masyarakat kota Prabumulih sudah bisa mendapatkan pelayanan secara elektronik.

 "Tapi untuk memanfaatkan itu, harus cerdas, dan untuk masyarakat yang cerdas itu harus tinggal di rumah yang layak, dilingkungan yang sehat serta bebas dari kemiskinan. Karna itu kita penuhi kebutuhan masyarakat melalui program kerja Kota Prabumulih," bebernya yang didampingi Kadin Kominfo Drs Mulyadi Musa MSi dan Kabid TIK Wingki.

Diketahui Nara sumber dalam kegiatan ini adalah dari Kementerian Kominfo dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Birokrasi Reformasi, kegiatan dilaksanakan di Kampus biru Universitas Prabumulih.

Koordinator Bidang Pelayanan Diklat Teknis Pusdiklat Balitbang Sumber Daya Manusia, Kementerian Kominfo RI, Charviano Hardika SE MM saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini, wujud kerjasama sama antar Kementerian Kominfo dengan Wali Kota Prabumulih.

Pihaknya sangat menyambut baik atas kebutuhan Pemerintah Kota Prabumulih, untuk meningkatkan kompetensi para ASN, khususnya operator dalam upaya peningkatan dalam bidang digitalisasi menuju smart City.

"Memang kita ada program GTS malaikat ASN di seluruh Indonesia. melalui GTS itu ada GTA dalam pelaksanaan pelatihannya. Jadi kita sifatnya menunggu. Satu-satunya yang mengajukan kerjasama dengan kita, tentunya sangat kita sambut," jelasnya.

Mengenai realisasi program SPBE di Kota Prabumulih, hingga saat ini kompetensinya cukup baik di Kota Prabumulih, bahkan pria ini memuji Kota Prabumulih yang sangat luar biasa dan dinilai layak menjadi smart city. 

"Menurut saya Kota Prabumulih ini sangat luar biasa, pelayanan SPBE yang berjalan sudah cukup baik. Semoga maka pelayanan menjadi lebih baik lagi di kota Prabumulih," harapnya.(05)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: