Motivasi Siswa Agar Tetap Semangat Belajar

Motivasi Siswa Agar Tetap Semangat Belajar

Siswa SMAN 4 Prabumulih saat berbincang bersama guru. Foto; Eka/ pp--

Prabumulihpos.co.id- Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMAN 4 Prabumulih, Hardi jansa MPd, motivasi siswa melalui perbuatan sehari hari, Dengan menjadi contoh atau teladan yang baik bagi siswa, agar para siswa tetap bersemangat mengikuti kegiatan belajar mengajar.
 
Apalagi sudah terlena karena belajar pada masa pandemi kurang lebih 2 Tahun lamanya, dan memberikan kenyamanan kepada para siswa dengan mengikuti kegiatan pembelajaran apa adanya.
 
"Sebagai seorang guru, saya merasa berkewajiban untuk meningkatkan kembali semangat belajar para siswa. Bagaimana caranya agar siswa kembali bergairah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan semangat meningkatkan ilmu pengetahuan," jelasnya.
 
Pria ini membeberkan tips agar lebih cepat meningkatkan semangat belajar siswa, dengan melakukan pendekatan kepada para siswa. Menganggap seluruh siswa adalah teman dan sahabat, dengan begitu partisipa tidak mudah menyerah, dan tidak malu bertanya saat menghadapi masalah dalam proses pembelajaran.
 
 
"Sudah tidak jalan lagi menjadi guru yang hanya menggunakan metode ceramah, memberi tugas, lalu keluar meninggalkan kelas. Saatnya kita memahami bagaimana cara belajar yang nyaman bagi siswa, kurikulum Merdeka sekarang ini sangat ditetapkan untuk menyesuaikan dengan ekosistem siswa di masing-masing sekolah," bebernya.
 
Suami Neni ini juga selalu menyampaikan bahwa ada tiga hal yang harus diketahui oleh siswa, tuk meningkatkan harkat dan martabat seseorang dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat. Yang paling berpengaruh 60 persen adalah jenjang pendidikan. 
 
"Harus disadari oleh semua orang, bahwa pendidikan itu sangat penting. Karena pendidikan yang akan menentukan posisi di masa depan," jelasnya.
 
Selain pendidikan, faktor perkawinan 20 persen dan pertemanan 20 persen, yang akan menentukan harkat dan martabat seseorang dimasyarakat. 
 
 
"Mengapa perkawinan dan pertemanan juga mempengaruhi, tentu saja. Karna hanya ada dalam sinetron seorang pemulung yang bisa menikah dengan anak pejabat tinggi. Dan karena pendidikan juga kita banyak teman dan pergaulan yang luar. Kaena itu rajinlah belajar, gapai masa depan yang diinginkan," pesannya setiap berkumpul kepada para siswa dimanapun berada.(05)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: