Kerjasama Menuju Smartcity

Kerjasama Menuju Smartcity

Penandatanganan MoU Pemkot Prabumulih dan Ogan Ilir bersama Pemkot Bandung. Foto; doc--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Kota Prabumulih dan Kabupaten Ogan Ilir, tanda tangani MoU atau nota kesepahaman bersama Pemerintah Kota Bandung, pekan kemarin terkait bidang kerjasama daerah.
 
Penandatanganan MoU ini khusus mengenai Sistem Pelayanan berbasis elektronik (SPBE) dan Sistem Akuntabilitas Kerja Perangkat Daerah (SAKIP) dan peningkatan pelayanan lainnya khususnya di bidan IT.
 
Menurut Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, melalui Kepala Dinas Kominfo Kota Prabumulih, Drs Mulyadi Musa MSi, saat ini merupakan era kecanggihan teknologi dan era digital yang harus diikuti. 
 
Karena itu Kota Prabumulih untuk menuju smart city harus melanggar kerjasama dengan pemerintah kota Bandung yang memang penguasaan it sudah diakui secara nasional.
 
"Aku minta kota Bandung memang sudah menjadi acuan. Karena itu kita berharap seluruh SKPD yang ada di Kota Prabumulih untuk dapat memanfaatkan kerjasama ini dalam upaya meningkatkan pelayanan digital untuk menuju Prabumulih smart city," ujarnya.
 
Diakuinya upaya Pemerintah kota Prabumulih, khususnya menyangkut peningkatan skill Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Prabumulih, sudah terua ditingkatkan. Bahkan khususnya para Operator SPBE baru baru ini, dapatkan pelatihan dengan narasumber langsung dari Kementerian kominfo sebagai upaya meningkatkan skill dan kompetensi sebagai operator.
 
"Operator sangat berperan dalam aktifkan semua sistem yang berbasis elektronik ini. Karena itu dalam hal ini kesuksesan Kota Prabumulih sudah jelas untuk mengupayakan agar Kota Prabumulih smart city harus terus ditingkatkan," bebernya.
 
Saat ini, masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Prabumulih, memiliki dua operator dan masing masing kelurahan dan Desa satu orang operator. Sehingga setiap kegiatan ditingkat Kelurahan dan Desa, hingga SKPD dimasukkan ke lingk web kelurahan masing-masing.
 
"Semua Kelurahan dan Desa sudah miliki web, Dengan adanya operator masing-masing maka semua kegiatan bisa di posting di laman web masing masing. Semua informasi tersebut bermuara di lingk Web Pemerintah Kota Prabumulih. Sehingga jika seseorang membuka web Pemerintah Kota Prabumulih, maka semua kegiatan di bisa terlihat secara lengkap,"tandasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: