8.900 KPM Terima BLT Kenaikan BBM

8.900 KPM Terima BLT Kenaikan BBM

BANTUAN : Ratusan warga penerima manfaat BLT BBM mendatangi kantor Kelurahan Wonosari untuk mencairkan bantuan. Foto: Ros/prabupos--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Pemerintah Pusat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM),  termasuk untuk Kota Prabumulih.
 
Pantauan koran ini,  Rabu (7/9/2022) ratusan keluarga Penerima Manfaat (KPM) "menyerbu" kantor Kelurahan untuk menerima bantuan yang disalurkan oleh PT Pos. "Kantor pos mendapat amanah untuk menyalurkan BLT BBM," kata  Ilham selaku Executive Manajer Kantor Cabang Prabumulih, kemarin.
 
Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Prabumulih, Drs A Heriyanto menerangkan  untuk jumlah penerima BLT BBM di Kota Prabumulih yakni 8.900 KPM. "8.900 keluarga penerima manfaat tersebut merupakan warga yang tidak masuk dalam program BPNT dan PKH. Jadi, selama inikan, ada warga yang mendapatkan keduanya (double BPNT dan PKH). Untuk BLT BBM ini, tidak termasuk yang irisan (mendapatkan double dari BPNT dan PKH),” kata Heri.
 
Adapun anggaran yang digelontorkan Pemerintah Pusat untuk Kota Prabumulih mencapai Rp5.340.000.000. Sementara jumlah bantuan akan dibagikan tahap pertama senilai Rp  Rp2.670.000.000.
 
Tahap pertama, penerima manfaat akan menerima BLT BBM Rp300 ribu untuk per 2 bulan. Penyaluran akan dibagi secara dua tahap, dengan total keseluruhan senilai Rp600 ribu.
 
"Bantuan yang diberikan itu untuk empat bulan, dengan masing-masing anggaran senilai Rp150 ribu. Bantuan akan diberikan dalam dua tahap. Jadi, untuk bantuan bulan September dan Oktober cair bulan ini. Sisanya, (November–Desember) cair di Desember," terang Heri.
 
Sementara itu, penerima bantuan yang mengantri di kantor kelurahan nampak antusias. Bahkan ada penerima yang datang sejak pagi. "Jam  delapan kami sudah ke kantor lurah, alhamdulillah dapat bantuan. Jadilah nambahi untuk belanja," kata Cici warga Kelurahan Wonosari.
 
Camat Prabumulih Utara Jeri Saputra SE MSI, menurutkan untuk di wilayahnya penyaluran BLT dilakukan di dua tempat. "Di kelurahan Wonosari dan Kelurahan Pasar 1," pungkasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: