Mulai Cetak Surat Suara Pilkades

Mulai Cetak Surat Suara Pilkades

//Antisipasi Kerusakan Dilebihkan 2,5 Persen
 
PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kota Prabumulih, pada 26 Oktober 2022 kian dekat. Saat ini tahapan Pilkades dua desa yakni Desa Talang Batu dan Desa Rambang Senuling sudah dalam proses cetak surat suara.
 
"Tahapan cetak surat suara saat ini sudah dimulai oleh panitia tingkat kota, " kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) A Fauzan A SSTP, Minggu (9/10/2022).
 
Disampaikan Fauzan berdasarkan tahapan, panitia kota memiliki waktu selama 10 hari untuk menyiapkan surat suara dan kotak suara. "Mulai 9 sampai 18 Oktober. Kemudian besok pagi (hari ini,red) diadakan deklarasi damai di Polres," ucapnya.
 
Sementara itu, Kepala Bidang PMD Septriyanti menambahkan, dalam surat suara tersebut akan ditampilkan foto calon. "Surat suara pakai foto nomor urut, serta nama calon," tambahnya.
 
Disinggung mengenai jumlah surat suara, perempuan yang pernah menjabat Sekretaris Camat Prabumulih Timur ini mengatakan surat suara akan dilebihkan. "Untuk cetak surat suara akan dilebihkan 2,5 persen dari total DPT," imbuhnya. 
 
Dilebihkannya surat suara dari total jumlah DPT, ungkap Septi - begitu disapa- sebagai antisipasi adanya kerusakan. "Kita khawatir kalau ada surat suara yang rusak, jadi dilebihkan," pungkasnya.
 
Seperti diketahui, 2022 ini Kota Prabumulih mengadakan Pilkades serentak di dua desa. Yakni Desa Talang Batu dan Desa Rambang Senuling. Di desa Talang Batu Pilkades diprediksi akan seru, hal itu dikarenakan banyak calon yakni 5 calon. Selain itu terdapat calon lama yang kembali maju dengan incumbent.
 
Dari hasil penetapan DPT, untuk Desa Talang Batu berjumlah 890 DPT, sementara di Desa Rambang Senuling DPT berjumlah 450 mata pilih.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: