Satu Bulan Habiskan Dua Ribu Blanko KTP El

Satu Bulan Habiskan Dua Ribu Blanko KTP El

BLANKO : Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Haryadi SH MM menunjukkan blanko yang diterima belum lama ini. Foto: Ros/Prabupos--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Prabumulih menerima dua ribu keping blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El). Stok tersebut diperkirakan cukup untuk satu bulan.
 
"Hari Kamis lalu kita dapat blanko KTP El sebanyak dua ribu dari Dirjen Dukcapil. Tapi dua ribu itu hanya untuk satu bulan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Haryadi SH MM, dibincangi di ruang kerjanya, Senin (10/10/2022).
 
Menurut Haryadi saat ini, permintaan cetak KTP El masih tinggi. "Per hari kita mencetak rata-rata 100 - 150 KTP El," ujarnya.
 
Adapun permintaannya cetak KTP tersebut, beragam mulai dari KTP pemula, perubahan alamat hingga kehilangan. "Persentasenya sama, yang perubahan maupun pemula sama banyaknya," lanjut Haryadi.
 
Nah, meski hanya cukup satu bulan kedepan. Namun menurutnya ketersediaan blanko masih akan bertambah. Sebab dalam waktu dekat akan kembali menerima blanko KTP El. "Minggu depan, kita dapat dua ribu lagi dari provinsi. Kita ambil di Provinsi, insyaallah stok blanko cukup dan aman," tuturnya menambahkan beberapa waktu lalu pihaknya sempat mengeluarkan surat keterangan (Suket) lantaran belum menerima blanko dari pusat. 
 
Disinggung mengenai pengajuan blanko KTP El. Pria yang pernah menjabat Kabag Ekonomi ini menuturkan pengajuan dilakukan jauh sebelum blanko habis. "Jauh hari kita sudah mengajukan, kalau usulan biasanya 5 ribu atau 4 ribu tapi dapatnya 2 ribu," jelasnya.
 
Dalam kesempatan itu, Haryadi menuturkan pelayanan jemput bola Disdukcapil masih terus berjalan. 
"Pelayanan jemput bola saat ini agak ringan, karena masyarakat yang melakukan perekaman tinggal wajib KTP baru, yang lama 100 persen sudah. Jadi sasaran lebih banyak anak sekolah," tukas Haryadi.
 
Aldi salah satu warga, mengaku baru mengubah KTP El di Capil. "Kemarin belum nikah, alhamdulillah sekarang sudah nikah. Alamat rumah jugo sudah berubah, jadi ganti KK sekaligus ganti KTP," pungkas pekerja swasta ini.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: