Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Penyampaian Materi oleh salah seorang Nara sumber dalam sosialisasi pengawasan pemilu Partisipasi Foto; Eka/ PP--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Prabumulih, gelar sosialisasi pengawasan Pemilu partisipasi pada pemilu tahun 2024, yang dilaksanakan di Hotel Grand Nikita, Kamis, 16 November 2022.

Ketua Panitia Kegiatan, Ade Satria mengatakan dalam kesempatan ini, yang menjadi peserta adalah beberapa organisasi kepemudaan seperti KNPI, Karang taruna, pemuda Pancasila, IKA LKS dan  juga perwakilan dari Media di Kota Prabumulih.

"Penyelenggara kegiatan dilaksanakan agar terselenggaranya kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu Partisipasi dengan baik, agar bisa mensukseskan pengawasan pemilu 2024 mendatang," jelasnya.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Komisioner Bawaslu Kota Prabumulih, Herman Juliadi SH MH, saat membuka acara mengatakan bahwa sejak satu bulan terakhir, pihaknya sudah melaksanakan tahapan pemilu, termasuk mengikuti berbagai bimbingan Tekhnis hingga ditingkat Provinsi.

"Kami sudah melaksanakan pembentukan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan sekarang sosialisasi pengawas pemilu Partisipasi.

Kita berharap agar peserta mengikuti kegiatan dengan baik, agar dapat melaksanakan pengawasan pemilu agar terlaksana pemilu jujur adil dan langsung umum, bebas dan rahasia," jelasnya.

Lanjutnya, Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga perilaku yang dapat merusak sendi-sendi demokrasi, sehingga mampu mendorong Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

“Di sini kita sadar bahwa bawaslu tidak dapat melakukan pengawasan secara optimal dikarenakan keterbatasan personel, sehingga membutuhkan peran serta masyarakat agar turut andil dalam melakukan pengawasan,” tandasnya.

Lebih jauh dia berharap agar kegiatan ini memberikan kesadaran partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik.

“Keterlibatan masyarakat dalam setiap tahapan pemilu menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas,"tukasnya.

Diketahui pelaksanaan sosialisasi karya Ini diisi dengan tiga materi yang akan disampaikan oleh komisioner KPU komisioner Bawaslu dan Dr Junaidi mantan Komisioner Bawaslu Provinsi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: