Buang Sampah Sembarangan, Disanksi Pakai Rompi Oranye

Buang Sampah Sembarangan, Disanksi Pakai Rompi Oranye

SANKSI: Warga yang membuang sampah sembarangan akan disanksi dengan rompi oranye membersihkan sampah dan sanksi sosial. Foto: Ros/prabupos--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Akibat membuang sampah sembarangan di jembatan Padat Karya, dua warga Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih ditangkap "tim khusus".

Atas perbuatannya, kedua warga tersebut digiring ke Kantor Lurah Gunung Ibul untuk disidang dan diberikan sanksi.

Tak tanggung - tanggung, sanksi yang diberikan cukup berat yakni dihukum dengan menggunakan rompi oranye bertuliskan "pelanggar membuang sampah".

Selain itu, warga yang tertangkap juga dihukum membersihkan sampah. Sementara aksi warga membuang sampah sembarangan direkam untuk diunggah di media sosial.

Nah, ternyata kejadian di atas hanyalah parodi atau reka adegan yang dilakukan pihak kelurahan bekerjasama dengan Karang Taruna untuk memberikan contoh dan efek jera pada msyarakat yang sering membuang sampah sembarangan. 

Lurah Gunung Ibul, Fitriyadi SH mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menuju Gunung Ibul berani (Bersih Rapi dan Indah). "Makanya kita adakn sosialisasi ini," sebutnya mengatakan ini media sosialisasi atau media kampanye untuk menuju kelurahan berani," kata Fitriyadi.

Dilanjutkan Fitriyadi, parodi tersebut sebagai contoh bagi warganya agar selalu menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita menggambarkan orang yang buang sampah sembarangan ditindak dibawa ke kantor Lurah dan diberikan sanksi sosial diberikan rompi pelanggar sampah dan dibawa ke kantor Lurah," tuturnya.

BACA JUGA:Dijenguk Wako, Rumah Marbot Masjid Segera Dibangun

Selain sanksi dari kelurahan, saat ini pihaknya masih menunggu sanksi dan aturan resmi dari pemkot. "Untuk sanksi masih menunggu dari bagian hukum, tapi kalau tidak salah sesuai perda ada denda," imbuhnya.

Disinggung awal mula munculnya ide tersebut, lurah yang akrab disapa Adi ini 

berawal dari keprihatinan pihaknya dimana masih banyak yang buang sampah sembarangan.

 "Jadi bukan hanya sanksi tapi membentuk karakter masyarakat untuk jangan buang sampah sembarangan," tukasnya.

Sementara itu salah satu relawan kebersihan Kelurahan Gunung Ibul, Dwi Siti Kholifah mengungkapkan untuk kelurahan Gunung Ibul saat ini sudah ada unit bank sampah. "Kita harapkan warga menjadi nasabah dengan menabung sampah di bank sampah," pungkasnya.(08)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: