Mudik hingga Makan Bersama Cara Warga Keturunan Tionghoa Rayakan Imlek

Mudik hingga Makan Bersama Cara Warga Keturunan Tionghoa Rayakan Imlek

Salah satu Vihara di Kota Prabumulih, Foto: Ros/prabupos --

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Imlek atau tahun baru dalam sistem penanggalan China jatuh pada, Minggu 22 Desember 2023. 

Biasanya sejumlah tradisi dilakukan selama Imlek. Mulai dari mudik ke kampung halaman hingga makan besar bersama keluarga besar.

"Tahun ini kita Imlek ke Palembang, mudik bersama keluarga besar," kata Yau Jhiong salah satu keturunan Thionghoa yang ada di Kota Prabumulih.

BACA JUGA:Diambil Pengepul, Melon Desa Pangkul Ramaikan Pasar Buah Pulau Jawa

Sementara itu, tradisi Imlek biasa identik dengan merah atau pakaian serba merah. Tak heran pernak pernik mulai dari pakaian hingga hiasan merah diburu.

Di Kota Prabumulih, saat perayaan Imlek juga biasanya diadakan doa di bihara maupun di klenteng. Hal itu dilakukan sebagai wujud syukur atas nikmat yang telah diberikan. Dan sebagai diharapan agar lebih baik kedepannya.

BACA JUGA:Hebat.. Pemkot Prabumulih Tercepat di Sumsel Nomor 3 di Indonesia dalam Penyerahan LKPD

Adapun lokasi tempat berdoa bagi warga keturunan yakni di Klenteng Poh Chin Bio, Vihara Prajna Maitreya dan Vihara Vraja Bhumiprabu.

Untuk diketahui, awalnya Hari Raya Imlek merupakan sebuah perayaan oleh para petani di China untuk menyambut musim semi dengan bahagia dan penuh syukur.

 Apalagi, pada saat musim dingin mereka tidak dapat bekerja. Untuk itulah, perayaan ini juga sering disebut sebagai Xin Jia (Sincia) atau Festival Musim Semi.(*)

BACA JUGA:Horeee Libur Tahun Baru Imlek Digeser Senin

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: