Baru 500 Hewan Ternak Dipasang Eartag, Distan Kota Prabumulih Keluarkan Imbauan

Baru 500 Hewan Ternak Dipasang Eartag, Distan Kota Prabumulih Keluarkan Imbauan

Hewan yang sudah divaksin akan dipasang Eartag --

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Dari data bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Prabumulih, tercatat 1.200 populasi sapi dan kerbau ternak di Kota Prabumulih.

 

Namun dari ribuan populasi itu, baru 500 sapi yang sudah dipasang eartag dan sudah terinput di aplikasi identik Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
 
Eartag sendiri merupakan tanda sapi telah mendapatkan suntikan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sapi dosis kesatu dan kedua. Dan tahun ini akan dilakukan vaksin dosis ke 3.
 
 
"Kita terus menghimbau bagi peternak sapi dan kerbau agar ternak yang dimiliki, segera dipasang eartag oleh petugas.
Sehingga hal ini akan memudahkan kita mengetahui jumlah populasi yang real ada di wilayah kita, dilengkapi status kepemilikan dan status kesehatan ternak bagi peternak juga akan sangat berguna karena menjadi syarat mutlak jual beli antar wilayah dan harga akan lebih baik," kata plt Kepala Dinas Pertanian Kota Prabumulih Alfian SP melalui bidang peternakan, Iswan Hadi SP belum lama ini.
 
 
Dikatakan Iswan Hadi,hewan sudah di eartag jelas kepemilikannya sudah ada tindakan kesehatan berupa vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 
 
 
Adapun pelaksanaan kegiatan ini, untuk mencegah penularan atau merebaknya kembali penyakit PMK pada ternak sapi dari populasi ternak sapi yang ada di Kota Prabumulih.
 
 
Pemasangan Eartag ini dilatarbelakangi oleh merebaknya penyakit PMK di Indonesia, ketidakjelasan jumlah populasi ternak yang ada, juga membuat pencegahan agar tidak merebak PMK, menjadi berjalan lambat dengan memasang eartag sekaligus menjadi tanda bagi ternak dan database populasi real, ternak yang ada di suatu wilayah.
 
 
"Pemasangan eartag adalah kegiatan penandaan bagi hewan ternak sapi atau kerbau, sehingga ternak yang memiliki data asal usul diri dan kesehatan yang jelas. Karena terekam di barcode yang ada di eartag," tukasnya.
 
 
Seperti diketahui, awal tahun 2023 Dinas Pertanian melalui bidang peternakan dan kesehatan hewan, sudah mulai melaksanakan kegiatan pemasangan eartag dan vaksinasi penyakit mulut dan kuku atau PMK, bagi ternak sapi dan kerbau milik masyarakat kota Prabumulih.(*)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: