Korban Kebakaran Lorong 99 Terima Santunan, Rumah Hangus Dibangun Baznas

Korban Kebakaran Lorong 99 Terima Santunan, Rumah Hangus Dibangun Baznas

Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran lorong RM 99, foto: ist--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Korban kebakaran di Lorong RM 99 RT 1 RW 2, Kelurahan Pasar 1 Kecamatan Prabumulih Utara akhirnya menerima bantuan dan santunan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih.

Bantuan tersebut, diserahkan langsung oleh Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, Kamis 9 Februari 2023.
 
 
Didampingi Kepala Dinas Sosial Drs A Heriyanto MM, Ridho Yahya menyerahkan bantuan berupa peralatan rumah tangga, serta uang senilai Rp 10 juta untuk masing-masing KK atau korban kebakaran.
 
Dengan demikian Pemkot Prabumulih, telah menyalurkan bantuan senilai Rp 50 juta untuk 5 korban kebakaran tersebut.
 
 
"Tadi kita meninjau rumah saudara kita warga yang tersimpan musibah kebakaran, kita memberikan bantuan uang Rp 10 juta per orang," ujar Ridho Yahya kepada wartawan, Kamis 9 Februari 2023.
 
Ia menyampaikan, agar kiranya para korban bersabar dalam menghadapi ujian tersebut. "Semoga para korban bersabar menerimanya cobaan ini," katanya.
 
 
Dilanjutkan Ridho, selain bantuan yang dan peralatan rumah tangga. Pemkot juga akan membangun rumah baru, untuk para korban melalui Baznas yang bersumber dari dana infaq pegawai.
 
"Pembangunan rumah tentunya sesuai dengan anggaran dan standar dari Baznas. Kalau mau besar kita tidak bisa, sebab Baznas ada standarnya," tutur suami dari Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu ini.
 
Masih kata Ridho Yahya, bagi korban yang rumahnya mau dibangun Baznas, pihaknya akan langsung menurunkan tim. "Tadi ada yang mau dibangunkan, yang mau akan kita turunkan Baznas untuk memulai pembangunan," tukasnya.
 
Kepala Dinas Sosial Drs A Heriyanto MM menuturkan, bantuan tersebut bertujuan untuk meringankan beban para korban. "Sebelumnya petugas kita sudah melakukannya pendataan di lapangan, hari ini penyerahan bantuan oleh pak Wali," ungkap Heri.
 
Diberikan sebelumnya, kebakaran Hebat tejadi di Jalan Jendral Sudirman tepatnya lorong 99, RT 1 RW 2 Kelurahan Pasar 1 Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih pada Minggu 5 Februari 2023 sekitar pukul 19.30 WIB.
 
Nah, kebakaran tersebut membuat heboh warga setempat. Betapa tidak, api yang berasal dari salah satu rumah menyebar dengan cepat dan melalap rumah warga lainnya.
 
Setidaknya, 5 kendaraan pemadam kebakaran dari Pemkot dan Pertamina dikerahkan. Api akhirnya bisa dijinakkan meski saat memasukkan lokasi kebakaran terkenda lantaran kesulitan memasuki Lorong yang kecil.
 
Kebakaran tersebut menghanguskan bedeng 5 pintu. Adapun rinciannya, bedeng 5 pintu tersebut 2 diantaranya merupakan rumah atau tempat tinggal Ahong atau Rudi Sumail, dan rumah milik Indra. Sementara 3 pintu merupakan tempat usaha, yakni gudang inti logam milik Hendri, Rumah Makan 99 milik Toni dan Gudang Elektronik milik David.
 
Penyebab kebakaran diduga bermula dari tempat ibadah kediaman Ahong. Kerugian ditafsir ratusan juta.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: