Tradisi Adat Melamar, di Prabumulih Masyarakat Lakukan Ini

Tradisi Adat Melamar, di Prabumulih Masyarakat Lakukan Ini

-Foto : giwang.sumselprov.go.id-

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Kota Nanas Prabumulih memilki total luas 434,46 km2 merupakan salah satu Kota di Sumatera Selatan yang umumnya diisi oleh Suku Rambang dan Suku Belide.

Layaknya suku suku yang ada di daerah lain Suku Rambang dan Suku Belide juga mempunyai tradisi adatnya masing masing, salah satunya tradisi adat melamar.

 

BACA JUGA:Tradisi Behantat Tingkat ahi Raye, di Prabumulih Masih Dilestarikan

BACA JUGA:Mengenal Tradisi Berbalas Pantun Pernikahan dari Budaya Desa Jiwa Baru

Lamaran merupakan sebuah acara yang dilakukan untuk meminta calon mempelai wanita agar dapat menerima permintaan dari calon mempelai laki laki sebagai pendamping hidup, jika diterima maka akan ditandai dengan mulainya pertunangan.

Proses lamaran merupakan sebuah proses yang umum di Indonesia namun yang membedakan biasanya adalah tradisi, banyak ragam tradisi lamaran yang ada di Indonesia, salah satunya di Kota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan.

 

BACA JUGA:Bedelan Bambu Permainan Jadul, Gen Y Pasti Familiar, Gen Z Banyak Tak Tahu

BACA JUGA:Ruwahan Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan, di Prabumulih Biasanya Masyarakat Lakukan Ini

Di Kota Nanas Prabumulih tradisi melamar umumnya dilakukan hampir sama seperti daerah daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Namun yang membedakan tradisi melamar di Prabumulih terdapat pada bahasa atau tutur care penyampaiannya serta apa yang dibawa oleh calon mempelai laki laki untuk melamar seperti perlengkapan calon mempelai perempuan.

 

BACA JUGA:Sedekah Kebau di Prabumulih, Biasanya Digelar Saat Bayar Nazar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: