Segera Beroperasi, Intip Fakta Menarik Tol Indralaya - Prabumulih

Segera Beroperasi, Intip Fakta Menarik Tol Indralaya - Prabumulih

Tol Indralaya Prabumulih--Foto: Instagram Hutama karya

Segera Beroperasi, Intip Fakta Menarik Tol Indralaya - Prabumulih 

 
PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Kabar gembira disampaikan oleh  PT Hutama Karya, selaku pihak yang membangun Tol Indralaya - Prabumulih.
 
Melalui akun Instragam resminya, pada Sabtu 12 Agustus, Hutamakarya menyampaikan tol Indralaya - Prabumulih akan segera beroperasi.
 
Namun, dalam postingan tersebut belum ada kepastian dan penjelasan kapan peresmian dan pengoperasian tol yang sudah ditunggu oleh masyarakat tersebut.
 
 
Padahal pengoperasian dari tol Indralaya - Prabumulih sudah sambat ditunggu oleh masyarakat.
 
Bahkan belum lama ini, masyarakat banyak yang kecele karena mengira tol Indralaya Prabumulih sudah mulai difungsikan bulan Juli ini.
 
Apalagi ketika itu tersiar kabar bahwa tol Indralaya Prabumulih akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 6 Juli 2023  bersamaan dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Banyuasin.
 
Hanya saja, dalam laman resmi itu, Hutama Karya mengungkap sejumlah fakta unik dari tol Indralaya - Prabumulih.
 
 
 
Berikut fakta - fakta menarik tol yang dibangun sejak tahun 2019 itu.
 
 
1. Tol Indralaya - Prabumulih tol memiliki panjang 64,5 km/singkat.Waktu tempuh Palembang Prabumulih menjadi hanya 1 jam saja.
 
2. Mempersingkat  waktu tempuh dari Prabumulih ke bandara SMB II Palembang.
 
3. Menggunakan inovasi teknologi geofoam,  pada oprit jembatan atau material balok dengan bobot ringan bisa menanggulangi lapisan tanah yang labil.
 
4. Menggunakan treatment PVD (Prefabricated Vertical Drain) dan preloading  yang berfungsi untuk mempercepat pengurasan air dalam tanah.
 
5. Menerapkan digitalisasi konstruksi BIM (Building Information Modeling)  dan ERP berbasis SAP.
 
Sejumlah warganet mengomentari postingan Instagram Hutamakarya.
 
"Alhamdulillah mudik Palembang Prabu jadi lebih cepat waktunya," komentar abbie.auda.
 
Komentar menarik juga disampaikan oleh akun @Iwan.tri21. "Sangat ditunggu tunggu, hadiah kemerdekaan ini," tulisnya.
 
"Dari awal Juli dibilang akan segera dibuka, sampe sekarang masih belum, apa kendalanya min," @danni.sulaiman.
 
Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, mengatakan, Antusiasme masyarakat Sumatera Selatan sangat besar. ''Dan ini menjadi komitmen kami untuk memastikan standar keselamatan dan manajemen bagi pengguna jalan tol,'' katanya.
 
Jalan tol Indralaya-prabumulih ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti dua simpang susun, 18 jembatan, dan dua rest area, menambah kenyamanan bagi pengguna.
 
Gubernur Sumatra Selatan H Herman Deru, mengapresiasi progres pembangunan jalan tol ini dan menekankan pentingnya keberadaan jalan tol bagi pengembangan ekonomi dan mobilitas di Sumatera Selatan.
 
Proyek ini juga mendukung penerapan digitalisasi konstruksi seperti BIM dan ERP berbasis SAP, yang memastikan proses konstruksi yang efektif dan real-time.
 
Pembukaan resmi jalan tol ini diharapkan membawa dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian Sumatera Selatan, serta memperkuat komitmen pemerintah dalam pengembangan infrastruktur di Indonesia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: