Pemerintah Daerah Diminta Dukung Program Pendidikan Inklusif

Pemerintah Daerah Diminta Dukung Program Pendidikan Inklusif

Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih sosialisasikan Pendidikan inklusif bersama Badan Penjaminan Mutu Pendidikan --

Sekolah Umum Harus terima Siswa Berkebutuhan khusus 

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID -Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Prabumulih, undang beberapa Kepala sekolah, Menindak lanjuti surat dari Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Nomor 1706/CJ.13/KL.00.01/2023 tanggal 5 September 2023.

BACA JUGA:Segera Tinggalkan Rumah Dinas, Wako - Wawako Prabumulih Berkemas

Undangan tersebut perihal peserta pendampingan dan advokasi terkait komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) dalam implementasi kebijakan pendidikan inklusif. "Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih mengundang beberapa perwakilan satuan pendidikan untuk mengikuti sosialisasi tentang sekolah inklusif. Sebagai langkah awal kita mendukung program Pemerintah," ujar Kabid Pembinaan SMP , Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota, Benny Saputra SPd MSi.

BACA JUGA:Ini Pesan Wali Kota Prabumulih Untuk Mahasiswa Baru Universitas Prabumulih

Kegiatan ini dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih pada Kamis 7 September 2023, dengan menghadirkan beberapa narasumber lokal dan dari luar kota Prabumulih terkait pelayanan siswa secara intensif di sekolah yang sama dengan siswa reguler lainnya.

BACA JUGA:Ini Pesan Wali Kota Prabumulih Untuk Mahasiswa Baru Universitas Prabumulih

Menurut Benny, pihaknya saat ini sedang berupaya mendukung program pemerintah, untuk memberikan layanan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus disetiap jenjang sekolah reguler setiap tingkatan di kota prabumulih.

BACA JUGA:Info bagi Mahasiswa! Nih Aplikasi Pinjol Bunga Rendah Langsung Cair ke Saldo DANA Kamu

Diakuinya, dulu pernahkan ada program sekolah inklusif. Namun belum memiliki regulasi yang diatur langsung oleh Pemerintah Daerah. "Sekarang ini dibutuhkan peran pemerintah daerah untuk memberikan dukungan bagi setiap sekolah, untuk memberikan layanan ini disekolahnya. Kami sedang membuat regulasi untuk mengatur teknis pelaksanaannya dilapangan," bebernya.

 

Lebih jauh pria berkacamata ini mengatakan, arahnya kedepan adalah aetiap sekolah umum, diharapkan bisa menerima dan memberikan layanan inklusif. 

"Nantinya Sekolah umum bisa menerima siswa dan memberikan pelayanan inklusif. Dan nanti Sekolah yang ada siswa berkebutuhan khusus, akan dikordinir langsung oleh unit layanan disabilitas yang dibentuk oleh Disdikbud," tandasnya.

BACA JUGA:Honda DBL SMAN 1 Unggulan Muara Enim Tundukkan SMAN 3 Prabumulih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: