Keren, Jalur Rel Kereta Api Indonesia di Wilayah Sumatera Barat ini jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Keren, Jalur Rel Kereta Api Indonesia di Wilayah Sumatera Barat ini jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Jalur Kereta Api Indonesia di Sumatera Barat-Foto : Istimewa-

Namun solusi yang paling efektif yakni dengan cara menggunakan kereta api yang ada di Sumbar atau Sumatera Barat sejak 1891.

Akan tetapi, kondisi demikian tidak memungkinkan yakni didominasi dengan lembah dan perbukitan yang amat terjal.

Oleh sebab itu, pemerintah Hindia Belanda harus menggunakan rel bergerigi yang dikembangkan oleh Kontruktir Swiss Niklaus Riggenbach kemudian rampung pada 1894.

BACA JUGA:Promo 12.12 Birthday Sale, Shopee Live Diskon Murah Catat Jamnya

BACA JUGA:Usai Terbakar, Bromo Dinobatkan Sebagai Taman Nasional Tercantik di Dunia

Mah, rel bergerigi yang erdapat di Sumbar berada di jalan Kayutanam-Batu Tabal sepanjang 23 km.

Tak hanya itu rel bergerigi di Sumatera Barat ini juga terdapat di Padang Panjang - Paya Kumbuh sepanjang 72 km dengan tujuan mengangkut batubara dari Sawahlunto menuju Teluk Bayur.

Namun, sejak 2023 yakni dengan menipisnya deposit batubara pada akhirnya layanan kereta api (KA) batubara tak pagi beroperasi.

Nah, kala itu KAI sempat mengoperasikan Kereta Wisata Rute Padang - Padang Panjang - Sawahlunto namun sepi peminat dan pada akhirnya layanan tersebut juga berhenti beroperasi.

BACA JUGA:Tak Sombong, Bocah SD Ini Tiap Hari Bolak Balik ke Luar Negeri

BACA JUGA:Viral Pelukan Berakhir Duka, Momen Pilu Sang Anak Abadikan Detik Terakhir Bersama Ibu: Dunia Seketika Berubah

Akan tetapi, walaupun telah di non aktifkan perkeretaapian di Sumatera Barat ini telah tercatat kedalam WTBOS atau Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto yang telah di akui sebagai warisan budaya UNESCO sejak 2019.

Dengan dinon aktifkannya jalur kereta api tersebut masih ada jalur lainnya yakni sepanjang 112 km. (Ern)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: