Persiapan Menyambut Libur Nataru: Peningkatan Lalu Lintas dan Perbaikan Infrastruktur Tol Kayuagung-Palembang
Persiapan Optimal Menyambut Libur Nataru: Peningkatan Lalu Lintas dan Perbaikan Infrastruktur Tol Kayuagung-Palembang--ist
PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID – Menyambut perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), volume mobilitas masyarakat diperkirakan akan meningkat, terutama selama libur panjang ini. Salah satu area yang diprediksi akan mengalami lonjakan lalu lintas adalah ruas Tol Kayuagung-Palembang, baik arah Kayuagung maupun Palembang.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada periode libur Nataru, arus lalu lintas di tol ini cenderung lebih padat dibandingkan dengan hari-hari biasa. Hal ini semakin diperburuk dengan liburan sekolah yang juga berlangsung pada waktu yang bersamaan.
Menurut Sabdo, pihak pengelola tol memperkirakan ada kenaikan volume kendaraan sekitar 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
"Libur Nataru tahun 2024/2025 diprediksi akan lebih ramai seiring dengan peningkatan kondisi perekonomian, serta aktivitas masyarakat yang mulai kembali normal pasca-pandemi," ungkapnya.
Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah kendaraan, pihak pengelola tol telah menyiapkan berbagai langkah guna meningkatkan kenyamanan para pemudik. Beberapa perbaikan jalan telah dilakukan, termasuk perbaikan jalan menggunakan metode Patching, Scrapping, Filling Overlay, Levelling, dan Beautifikasi.
"Perbaikan ini kami lakukan untuk memastikan kualitas jalan tetap optimal selama periode Nataru," tambah Sabdo. Metode Patching, misalnya, digunakan untuk memperbaiki kerusakan jalan seperti lubang, jalan bergelombang, dan kerusakan lainnya yang cukup dalam.
Selain itu, perbaikan juga mencakup metode Scrapping, Filling Overlay, Levelling, dan Beautifikasi, dengan target penyelesaian sebelum 18 Desember 2024. "Kami berkomitmen untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara," jelas Sabdo.
Tak hanya itu, guna memastikan kelancaran arus lalu lintas, pihak pengelola juga menyiapkan 4 tim petugas untuk menangani lubang jalan, serta 14 kendaraan operasional dan 42 kamera CCTV yang beroperasi selama 24 jam. "Kami juga menyiapkan 3 VMS (Variable Message Sign) untuk memberikan informasi secara real-time kepada pengendara," tambahnya.
BACA JUGA:Pantau Pengeluaran Anda! Ini Cara Cek Riwayat Transaksi di Gojek dan Grab
BACA JUGA:Muhaimin Iskandar: Bansos Jadi Bantalan Ekonomi untuk Masyarakat Miskin
Dalam menghadapi libur Nataru, pihak pengelola tol juga bekerja sama dengan kepolisian dan berbagai pihak terkait untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pemudik. Fasilitas untuk pengendara juga disediakan di Rest Area Km 360B, yang dilengkapi dengan area parkir, SPKLU, toilet, masjid, Indomaret, dan tenant UMKM.
Sabdo menghimbau agar pengendara selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan batas kecepatan yang berlaku, serta memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik. "Juga pastikan saldo uang elektronik mencukupi untuk menghindari antrean panjang di gerbang tol," ujarnya.
Bagi pengendara yang membutuhkan bantuan, pihak pengelola tol menyediakan layanan Call Center 24 jam yang dapat dihubungi di nomor 08118886600/07115541478.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: