Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Pemain Timnas Indonesia--

Jakarta – Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Itu setelah Australia memutuskan mundur dari pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023. Dengan begitu kini calon tuan rumah hanya menyisakan Indonesia, Qatar, dan Korea Selatan.

"Australia hari ini memutuskan untuk tak melanjutkan pengajuan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," tulis pernyataan resmi Federasi Sepakbola Australia, Jumat (2/9/2022).

Sebelumnya Australia masuk bursa pencalonan setelah mengirim 'An Expression of Interest' (EOI) pada Juli 2022. Setelahnya AFC merilis daftar-daftar negara yang pengajuannya diterima yakni Australia, Indonesia, Qatar, dan Korea.

Empat negara tersebut diberikan deadline sampai 31 Agustus untuk melengkapi semua dokumen bidding. Setelah masa deadline lewat, Australia mengaku tak melanjutkan proses bidding.

"Sejak saat itu (deadline) Australia memutuskan untuk tidak mengirimkan bidding resmi buat Piala Asia 2023," lanjut keterangan itu.

Sementara itu, laporan Reuters menyebut Korea sudah melengkapi dokumen bidding. Tapi AFC tak menjawab pertanyaan Reuters soal kelengkapan bidding dari Indonesia dan Qatar.

Piala Asia tahun depan awalnya akan digelar di China. Tapi hal itu batal terlaksana lantaran China mundur dengan alasan situasi pandemi COVID-19.

Adapun pengumuman siapa yang berhak menjadi tuan rumah akan diumumkan pada 17 Oktober 2022. Sebelum itu, tim administrasi AFC akan lebih dulu melakukan penilaian untuk dokumen bidding tiga negara yang menyatakan minatnya. (dc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: