Sulap Sampah Plastik jadi Furniture Mewah

Sulap Sampah Plastik jadi Furniture Mewah

PDU : Pusat Daur Ulang (PDU) Kota Prabumulih, memiliki inovasi untuk mengurangi juga memanfaatkan limbah sampah plastik menjadi furniture mewah. Foto: ist--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID -  Penggunaan plastik oleh masyarakat,  yang makin tak terbendung menimbulkan persoalan baru yakni limbah plastik.

Nah, menyikapi fenomena ini Pusat Daur Ulang (PDU) Kota Prabumulih, memiliki inovasi untuk mengurangi juga memanfaatkan limbah sampah plastik agar dapat digunakan kembali tentunya bernilai estetis dan ekonomis.

Ketua PDU Kota Prabumulih Doni menuturkan, inovasi tersebut yakni membuat menyulap sampah plastik menjadi furniture "papan plastik".

"Dan disini setelah jadi papan kita mempunyai inovasi lagi yaitu membuat furniture seperti meja, kursi, kursi pantai, rak bunga, palet dan lain-lain dan di sini allahamdullilah kita bisa menciptakan, membuat inovasi furniture dari sampah plastik ataupun residu," katanya.

Dirinya juga mengungkapkan alasan dirinya memiliki ide atas inovasi tersebut karena ia menilai sampah yang selalu menjadi perhatian masyarakat (sampah plastik-red) agar dapat di kelola dan bermanfaat untuk orang banyak.

Belum lagi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per 2021 menyebutkan bahwa limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton pertahun.

"Jadi saya tu menilai, sampah apa sih, yang dapat kita kelola dan dapat kita manfaatkan sehingga dapat bernilai estetis dan ekonomis," jelasnya

Saat ini lanjut Doni, PDU sudah menghasilkan karya furniture dari limbah plastik.

"Untuk warga Kota Prabumulih khususnya dan masyarakat indonesia umumnya baik di kalangan pejabat, pengusaha maupun anak sekolah dan lainya, jika ingin tahu proses pembuatan limbah plastik menjadi papan plastik hingga menjadi furniture yang estetis juga bernilai ekonomis bisa datang ke PDU," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: