SMPN 8 Lestarikan Permainan dan Olahraga Tradisional, Wako Langsung Jajal Engrang

SMPN 8 Lestarikan Permainan dan Olahraga Tradisional, Wako Langsung Jajal Engrang

Wali Kota Prabumulih tampilkan Atraksi Enggrang yang ditampilkan oleh SMP N 8 Prabumulih. Foto; ist--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Dalam partisipasinya menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Prabumulih ke 21 tahun, SMPN 8 Prabumulih mendapatkan kesempatan untuk mensosialisasikan dan menampilkan permainan tradisional dan olahraga tradisional, yang ditampilkan saat Atraksi di panggung kehormatan.
 
Juta menambahkan sembah panjang untuk menghidupkan kembali tembang sembah panjang yang hampir punah, serta olahraga tradisional yg sudah sangat sangat jarang di mainkan anak anak jaman sekarang.
 
 
Kepala SMPN 8 Prabumulih, Hj Idawati SPd MSi yang didampingi gurunya Yeni Anita Sari, SPd MPd Sebagai pembina tari menambahkan, mengatakan dalam atraksi yang hanya diberikan waktu maksimal 7 menit, siswa SMPN 8 Prabumulih memaksimalkan tampilan hingga 13 jenis Permainan.
 
Diantaranya yaitu Lek lek kelabang, Congklak atau selumbung, Bakiak, Enggrang, Karet, Telpon telponan, Bola kerang, Bola tiga, Lompat karet, Tongkat apit, Ular tangga, To-do dan Gasing.
 
Menurut Ida, Anak jaman sekarang kebanyakan main HP. Karena itu, SMP 8 Prabumulih ikut mendukung program Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) yang diketuai oleh Dr Maya, putri Bapak wali Kota Prabumulih, melestarikan kembali permainan dan olahraga tradisional.
 
 
"Kami mengajak kaum muda atau anak anak dan seluruh masyarakat Kota Prabumulih, untuk menghidupkan kembali olahraga tradisional seperti lompat tali dan egrang yang dimainkan oleh Bapak Wali Kota Prabumulih," jelansya.
 
selain atraksi belasan jenis permainan dan olahraga tradisional, pihak SMPN 8 Prabumulih juga mensosialisasikan keunggulan sekolah, sebagai sekolah Adiwiyata, mendukung budaya cinta kebersihan lingkungan dan penghijauan serta mensosialisasikan Pakaian adat, batik dan lainnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: