Edukasi Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSIS Serentak

Edukasi Demokrasi Melalui Pemilihan Ketua OSIS Serentak

Pelaksanaan pemilihan ketua OSIS serentak di SMP 6 Prabumulih. Foto; ist--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih, berikan edukasi pada siswa jenjang SMP dan SMA sederajat di Kota Prabumulih, melalui pelaksanaan Pemilihan ketua OSIS ( Pilketos ) secara serentak tahun 2022, mulai pukul 7.30 wib sampai selesai, pada Rabu 26 Oktober 22 di kota Prabumulih.
 
"Tujuannya adalah memberikan edukasi kepada peserta didik tingkat SLTP dan SLTA sederajat, tentang Demokrasi dan kepemiluan," kata ketua KPU kota Prabumulih, Marjuansyah SIP melalui Kosim Cikming , Divisi Sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM, kemarin.
 
Menurutnya, Pilketos merupakan sarana menyalurkan aspirasi,  untuk  memilih pemimpin ( ketua OSIS ) secara langsung umum bebas dan rahasia serta jujur dan adil berdasarkan ketentuan yg berlaku. Yang nantinya akan menjadi edukasi saat mereka masuk dalam syarat pemilihan pemula, untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi Indonesia.
 
BACA JUGA:Sudah
 
Acara yang dilaksanakan dalam rangka ikut memeriahkan HUT kota Prabumulih ke 21, yang jatuh pada tanggal 17 Oktober 2022 ini, menggunakan metode voting elektonik (E-Voting) dengan menggunakan Aplikasi Prabumulihmemilih.com.
 
Pelaksanaan pilketos serentak, dibeberapa sekolah ada yang sudah tepat jadwalnya. Seperti di SMPN 6 Prabumulih, merupakan salah satu dari 24 sekolah (SMP, MTs, SMA dan MA) yang ikut pilketos serentak.
 
SMPN 6 memang biasanya sudah melakukan pemiliuan agustus atau september,namun karena tahun ini pakai e-voting dan serentak seluruh sekolah dr SMP SMA dan SMK, maka SMP 6 juga ikut berpartisipasi dalam pemilihan serentak.
 
"Dengan menggunakan e voting Kita bisa liat langsung hasil sementara walupun pemilihan belum selesai. Alhamdulliah pelaksanaan pemilihan berjalan lancar dan baik. hasilnya langsung masuk direkaputalisi tiap sekolah" ujar Kepala SMPN 6 Prabumulih, Dewi Agustina MPd, melalui Wakilnya bidang kesiswaan Muhammad Al Habib SPdI.
 
Dia berharap kedepannya pemilu Indonesia bisa mencontoh pemilihan ketua  OSIS  lewat e-voting, Karena  pemilu 2024 masih berlangsung secara konvesinal tapi rekapitusinya sama seperti pemilihan ketua OSIS tahun ini.
 
"Semog ketua OSIS yang terpilih bisa mengemban amanah dengan baik dan Bisa memajukan sekolah mereka masing masing," tandasnya .(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: