Bungkam Kroasia 3-0, Argentina ke Final

Bungkam Kroasia 3-0, Argentina ke Final

Messi dan Alfarev merayakan gol--Instagram/lionelmessi

PRABUMULIHPOS.CO.ID - Timnas Argentina berhasil menginjakkan kakinya ke final Piala Dunia 2022 Qatar setelah berhasil membungkam Kroasia dengan skor telak 3-0 dalam laga semifinal di Lusail Iconic Stadium,  Rabu 14 Dsember 2022 dini hari WIB.

Pertemuan Argentina vs Kroasia ini berlangsung sengit di awal, Gol penalti Lionel Messi dan aksi individu Julian Alvarez membuat Argentina unggul 2-0 pada babak pertama. 

Argentina kemudian benar-benar mengakhiri perlawanan Kroasia setelah mencetak satu gol tambahan di babak kedua melalui Julian Alvarez pada menit ke-69.

Hasil ini sekaligus membuat Argentina sukses membalas kekalahan dari Kroasia pada pertemuan terakhir di fase grup Piala Dunia 2018 di Rusia.

Saat itu Messi dkk dipermalukan 0-3 oleh Luka Modric dan kawan-kawan.

Ini merupakan final keenam yang dicapai Argentina sepanjang sejarah Piala Dunia. Dalam lima kesempatan sebelumnya, mereka berhasil meraih dua gelar (1978, 1986) dengan sisanya harus puas sebagai runner-up (1930, 1990 dan 2014).

Di partai puncak, Argentina akan menunggu calon lawannya, antara Maroko atau Prancis yang akan saling bertarung di babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar pada Kamis 15 Desember 2022 pukul 02.00 WIB dini hari.

Pada laga menghadapi Kroasia, Pelatih Argentina Lionel Scaloni membuat perubahan strategi pada pertandingan tersebut.

Dengan formasi 4-4-2, ia membuat para pemain Tim Tango bermain dengan garis pertahanan yang dalam. Strategi itu berhasil setelah Argentina mencetak dua gol memanfaatkan lubang di garis pertahanan Kroasia.

Tertinggal dua gol pada babak pertama, Kroasia melakukan sejumlah perubahan. Pelatih Zlatko Dalic mengganti Mario Palasic dan Borna Sosa dengan Nikola Vlasic dan Mislav Orsic untuk menambah daya gedor.

Namun, kehadiran dua pemain pengganti itu tak langsung mampu membongkar pertahanan Argentina yang bermain rapat.

Melihat lini pertahanannya tertekan, pelatih Lionel Scaloni memperkuat barisan pemain belakangnya. Ia mengganti Leandro Paredes dengan Lisandro Martinez.

Statistik pertandingan menunjukkan efektivitas permainan timnas Argentina. Meski hanya menguasai 39 persen bola, mereka berhasil membuat tujuh shoot on goal, sedangkan Kroasia hanya memiliki dua peluang matang mencetak gol. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: