KWT di Sukajadi Banyak Tanam Sayur Swadaya, Berharap Bantuan Gubernur

KWT di Sukajadi Banyak Tanam Sayur Swadaya, Berharap Bantuan Gubernur

Berbagai jenis tanaman sayur di KWT Cempaka Indah RT 03 RW 01 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Prabumulih Timur. Ros/prabupos --

SUKAJADI, PRABUMULIHPOS.CO.ID -Berbagai buah dan sayur mayur ditanam di lahan seluas 20 x 20 meter, di RT 03 RW 01 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Prabumulih Timur.

Tanaman seperti buah pisang, sayur kangkung, kayu, katu, kacang tanah, kates hingga nanas ini ditanam secara swadaya oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Cempaka Indah.

Menurut Ketua RT 03 Darsono, KWT Cempaka Indah tersebut sudah ada sejak 2020 lalu.

"Kalau ini tanaman hasil swadaya semua, sudah beberapa kali menghasilkan, karena sudah ada dari 2020," kata Ketua RT 03 RW 01 Darsono, Kamis 8 Desember 2022.

Hasilnya kata Darsono dijual oleh anggota KWT. "Ibu RT kebetulan jualan sayur, jadi langsung dijual m hasilnya untuk bagi kelompok dan beli bibit lagi," ucapnya mengatakan lahan tersebut milik warga yang awalnya hanyalah lahan kosong.

Sementara itu Lurah Kelurahan Sukaraja Deni Trianza SH menuturkan, di wilayahnya ada 10 KWT.

"Di RW 01 ada 6 KWT, di RW 2 sampai RW 5 masing-masing ada 1 KWT. Jadi total 10 KWT," kata Deni.

Disampaikannya, untuk bibit saat ini kebanyakan hasil swadaya masyarakat. Sementara ada juga bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan. "Kami dapat bantuan rumah bibit, tapi kalau dari Provinsi Sumsel belum ada bantuan ke kami," ungkapnya.

Padahal menurutnya, geliat KWT di Kelurahan Sukajadi cukup tinggi.

"KWTnya aktif semua, kalau mau kasih bantuan harusnya ini jadi pertimbangan sehingga kami sangat berharap ada bantuan dari Gubernur. Karena geliat KWT masyarakat kami cukup aktif dan bagus," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: