Target 1 Tahun Jadi Desa Defenitif, Samsul Basri Dilantik Jadi PJ Kades Desa Persiapan Pangkul Jaya

Target 1 Tahun Jadi Desa Defenitif, Samsul Basri Dilantik Jadi PJ Kades Desa Persiapan Pangkul Jaya

Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM melantik PJ kades Persiapan Pangkul Jaya, Senin (19/12/2022). --Foto: ros/prabupos

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Upaya Pemerintah Kota Prabumulih untuk menambah desa terwujud. Desa Pangkul Kecamatan Cambai berhasil dimekarkan menjadi Desa Persiapan Pangkul Jaya.
 
Bahkan, persemian pelantikan dan pengucapan sumpah janji penjabat kepala desa Desa Persiapan Pangkul Jaya Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, di Desa Pangkul Jaya, dilakukan Senin 19 Desember 2022.
 
Samsul Basri yang merupakan sekertaris desa Pangkul, dipercaya mengemban amanah sebagai PJ Kepala Desa Pangkul Jaya.
 
Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM berharap, dalam kurun waktu 1 tahun Desa persiapan menjadi Desa Pangkul Jaya. Sehingga dalam waktu 1 tahun sudah ada kades definitif.
 
"DPMD dan assisten harus segera urus ke pusat. Jika perlu saya langsung paparan untuk menjelaskan betapa pentingnya Desa Persiapan ini untuk segera menjadi desa definitif dan langsung dilakukan pemilihan Kepala Desa. Walaupun syaratnya 1-3 tahun tapi jangan lama-lama, saya ingin 1 tahun sudah definitif," kata Ridho Yahya dalam sambutannya.
 
Jika sudah menjadi Desa definitif lanjut Ridho, anggaran dari pusat dan provinsi akan segera masuk.
 
"1 tahun definitif. Maka dari Provinsi sudah masuk anggaran, APBD Kota juga sudah masuk anggaran begitupun dari Pusat," lanjutnya.
 
Disampaikannya, pemekaran desa membantunya percepatan pembangunan dan desa akan lebih maju. Betapa tidak, dengan adanya pemekaran desa anggaran baik dari pusat maupun Provinsi juga akan bertambah.
 
Seperti contoh kata dia, dana desa. Bila selama ini Desa Pangkul hanya menerima Rp 1 M, dengan adanya pemekaran wilayah penduduk dan luas wilayah yang sama akan menerima dana sekitar Rp 2 M.
 
"Jangan takut kalau mekar dak bersyukur lagi, pisah m yang semacam itu harus dihilangkan. Jangan lagi berfikiran picik, yangvharus difikirkan kemajuan desa dan wilayah," imbuhnya mengatakan desa yang juga sempat diusulkan untuk pemekaran yakni Karya Mulia namun terkenal penduduk.
 
Dalam kesempatan itu, suami Hj Suryanti Ngesti Rahayu menyampaikan perjuangan pemekarannya Desa Pangkul sudah sejak lama yakni tahun 2013. "
"Pemekaran Desa Pangkul sudah merupakan janji nya sejak dilantik pada awal 2013 namun terkendala jumlah penduduk yang masih sedikit saat itu "Alhamdulillah akhirnya bertambah terus penduduk dan terbentuklah Pangkul Jaya," jelasnya.
 
Disinggung mengenai sumber keuangan
Desa Persiapan Pangkul Jaya. Ridho mengungkapkan, ada dari Provinsinya senilai Rp 100 juta. "Dari Provinsi Rp 100 juta, dari APBD kita suplai lagi," tukasnya berpesan agar pj kades menjalankan tugas dengan baik.(08)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: