Ini Hal yang Harus Diperhatikan oleh Orang Tua Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Ini Hal yang Harus Diperhatikan oleh Orang Tua Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Suasana siswa belajar di SLBN kota Prabumulih. --

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID- Anak adalah anugerah dari Sang Pencipta kepada setiap orang tua. Setiap orang tua memiliki harapan besar buah hatinya tumbuh sehat dan menjadi pribadi yang unggul nantinya. 

BACA JUGA:Tak Lapor SPT Tahunan, Sanksi Menanti

Namun bagaimana jika orang tua menghadapi kenyataan anaknya termasuk pada kategori Anak Berkebutuhan Khusus? Sedih sudah pasti, namun yang terpenting adalah penanganan yang harus diperhatikan, sehingga anak-anak bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana selayaknya sebagai manusia yang memiliki hak hidup yang sama seperti kita.

BACA JUGA:Ditunggu Pulang, Sang Ibu Yakin Anaknya Masih Hidup

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak-anak yang memiliki atribut fisik dan atau kemampuan belajar yang berbeda dari anak normal, sehingga membutuhkan program individual dalam pendidikan khusus. Yang termasuk kedalam ABK antara lain seperti autis, tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan perilaku, anak berbakat dan anak dengan gangguan kesehatan.

BACA JUGA:Lima Kali Sodomi Anak Dibawah Umur, Pria di Sukajadi Diringkus

Namun sekalipun membutuhkan perlakuan khusus, menganggap ABK berbeda dari anak normal adalah suatu kesalahan karena baik anak yang normal maupun ABK memiliki kebutuhan-kebutuhan yang sama.

BACA JUGA:Bawaslu PALI Gelar Apel Patroli Pengawasan hingga Ke Desa-Desa

Anak yang mengalami autis adalah salah satu anak berkategori ABK yang cukup umum kita dengar. Namun sayangnya banyak orangtua yang terlambat menyadari anaknya mengalami autis dan memberikan perlakukan yang tidak tepat terhadap anaknya setelah dipastikan mengalami autis.

BACA JUGA:Ketua KPU Minta Maaf, Ternyata Ini Penyebabnya

Berikut adalah hal-hal yang harus menjadi perhatian orang tua di saat menemukan anaknya termasuk kategori ABK. Simak 4 hal berikut yang harus diperhatikan setiap orang tua, seperti yang dikutip dari Kompas.com Senin, 27 Februari 2023.

1. Menyadari Sedini Mungkin

Seringkali orang tua tidak menyadari anaknya berkategori ABK. Kita sering mendengar kisah para orang tua yang baru menyadari ada suatu hal yang ‘berbeda’ dari anaknya setelah sekian tahun berjalan. Keterlambatan bicara, berjalan, atau adanya pertumbuhan satu bagian tubuh misalnya kepala, yang abnormal, bisa menjadi indikasi autisme, walaupun tentunya hal ini harus dipastikan oleh orang yang memiliki kompetensi, misalnya dokter.

2. Memberikan Terapi yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: