Rapor Pendidikan Versi Terbaru Ringankan Beban Administrasi Pemerintah Daerah dan Sekolah

Rapor Pendidikan Versi Terbaru Ringankan Beban Administrasi Pemerintah Daerah dan Sekolah

Perilisan raport Pendidikan versi terbaru --

PRABUMULIH, PRABUPOS.DISWAY.ID- Guna mengakselarasi transformasi sistem pendidikan dan memastikan semua murid mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus melakukan berbagai  terobosan melalui Merdeka Belajar. 

BACA JUGA:Mengenang Almarhum H Mat Zainal, Sosok Pemberi Nasehat Rajin Puasa Senin Kamis

Sebagai bagian dari Merdeka Belajar, Kemendikbudristek telah melaksanakan Asesmen Nasional yang mengukur kualitas belajar literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas lingkungan belajar di Indonesia.

BACA JUGA:Viral Video Rumah Hanyut Akibat Banjir Bandang di OKU Selatan, Netizen: Merinding

Kemendikbud merilis Platform Rapor Pendidikan yang diluncurkan sebagai kebijakan Merdeka Belajar episode ke-19, ini  merupakan tindak lanjut dari Asesmen Nasional serta sebagai inovasi dalam upaya menghadirkan penjaminan mutu pendidikan yang semakin holistik. 

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ini Sedekah Adat Tradisi Turun Menurun di Sumatera Selatan

Melalui Platform Rapor Pendidikan, Kemendikbudristek, ingin memberikan kemudahan dalam melakukan refleksi untuk menyusun rencana perbaikan pendidikan yang tepat sasaran dan berbasis data. 

BACA JUGA:Cobain yuk! 5 Makanan Khas Sumatera Selatan yang dapat Menggugah Selera

"Dengan penyajian data secara terpusat secara objektif dan terintegrasi, semua Pemerintah Daerah dan satuan pendidikan, Tidak perlu lagi menggunakan beragam aplikasi. Dengan menggunakan platform raport pendidikan ini, dapat meringankan beban administrasi baik untuk Pemerintah Daerah dan satuan pendidikan," ujar Operator Dinas pendidikan kota Prabumulih, Edi Sumartono, Rabu 5 Juli 2023.

BACA JUGA:Jemaah Haji Kota Prabumulih Pulang Dijemput 6 Bus, Ini Jadwalnya

Demi mewujudkan hal tersebut, Kemendikbudristek terus mengembangkan dan memperbaharui Platform Rapor Pendidikan, agar dapat menjawab kebutuhan sekolah dan Pemerintah Daerah. Kemendikbudristek merilis platform Rapor Pendidikan versi 2,0 pada Rabu (10/5), sevara virtual, sebagai pembaruan dari versi sebelumnya yang rilis pada tahun 2022 lalu. 

BACA JUGA:Lulus dari SMPN 2 Kota Prabumulih, Sridevi DA5 Lanjutkan SMA di Tempat Ini

Mendikbudristek tadi menjelaskan bahwa Rapor Pendidikan 2.0 merupakan hasil penyempurnaan dari versi yang telah ada sebelumnya, sebagai penyempurnaan. "Kita berharap nanti bisa dipahami lebih mudah oleh operator satuan pendidikan, hasil pertemuan secara virtual ini harus disampaikam dimbaskan kepada operator sekolah,"bebernya.

BACA JUGA:Ini Wilayah yang Masuk Kelurahan Gunung Ibul Timur Kota Prabumulih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: