Cara Mudah Hindari Obesitas dan Inilah Penyebab Utama, Yuk Kita Praktikkan

Cara Mudah Hindari Obesitas dan Inilah Penyebab Utama, Yuk Kita Praktikkan

Banyak yang beranggapan obesitas adalah hal yang wajar--

Cara Mudah Hindari Obesitas dan Inilah Penyebab Utama, Yuk Kita Praktikkan

Prabumulihpos.disway.id-Ini cara mudah dan sederhana untuk mencegah obesitas. Ya tentunya pertama harus mengetahui faktor-faktor obesitas. 

Pengertian Obesitas itiu adalah kondisi berat badan melebihi batas normal karena adanya penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. 

itu Obesitas terjadi karena asupan kalori lebih banyak dibandingkan jumlah kalori yang dibakar, sehingga tubuh akan menyimpan kalori yang tidak digunakan dalam bentuk lemak.

Menurut Dr. Esti Widiastuti, MScPH, ketua Tim Kerja Penyakit Diabetes Melitus dan Gangguan Metabolik, menekankan bahwa salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap obesitas adalah kurangnya aktivitas fisik.

Berdasarkan data Riskesdas 2018, tingkat obesitas nasional sekitar 21,8% berdasarkan pengukuran indeks massa tubuh. 

Data tersebut juga menunjukkan bahwa proporsi orang dengan tingkat aktivitas fisik yang rendah cukup tinggi.

Obesitas terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori dan pengeluaran kalori.

BACA JUGA:Puluhan Siswa SMPN 12 Prabumulih Dilarikan ke Rumah Sakit, Ini Penyebabnya

Ketika kalori yang dikonsumsi melebihi kalori yang dibakar, maka kalori tersebut akan disimpan sebagai lemak, menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas.

Obesitas dianggap sebagai faktor risiko untuk berbagai penyakit tidak menular karena berbagai faktor, seperti kurangnya aktivitas fisik dan asupan kalori yang berlebihan.

Dari laman Kemkse, Penggunaan ponsel pintar yang tidak terkontrol juga disebutkan sebagai faktor yang berkontribusi, karena menyebabkan penggunanya menjadi kurang bergerak.

Untuk mengatasi masalah ini, Kementerian Kesehatan memiliki strategi pencegahan melalui promosi kesehatan dan pengelolaan obesitas dengan mengendalikan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM). 

Promosi kesehatan dilakukan di fasilitas kesehatan primer atau Puskesmas dengan melakukan deteksi dini pengukuran berat badan dan lingkar perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: