BPJS Keliling Hadirkan Pelayanan Jemput Bola hingga Pelosok Desa

BPJS Keliling Hadirkan Pelayanan Jemput Bola hingga Pelosok Desa

BPJS Keliling Hadirkan Pelayanan Jemput Bola hingga Pelosok Desa--Foto: BPJS kesehatan

BPJS Keliling Hadirkan Pelayanan Jemput Bola hingga Pelosok Desa

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID – Dalam upaya memberikan kemudahan akses pelayanan administrasi kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

BPJS Kesehatan menghadirkan layanan BPJS Keliling di Desa Sri Kencana Kecamatan Madang Suku II, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Jumat (17/11).

Melalui layanan ini masyarakat sekitar dapat mengakses layanan administrasi seputar JKN, seperti cek keaktifan kartu peserta, perubahan data peserta serta memperoleh informasi maupun menyampaikan pengaduan.

Safaruddin (46), salah seorang warga Desa Sri Kencana, turut hadir untuk mengecek kepesertaan JKN-nya melalui layanan BPJS Keliling.

BACA JUGA:Khairil Lega Biaya Operasi Usus Buntu Anaknya Dijamin Tuntas BPJS Kesehatan

Sebagai warga yang merasa kesulitan dalam mengakses pelayanan BPJS Kesehatan karena terkendala faktor geografis, Safaruddin merasa terbantu dengan adanya BPJS Keliling ini. 

BPJS Keliling sendiri mengusung konsep jemput bola yang rutin dilakukan dan dijadwalkan keliling mulai dari instansi pemerintah, fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan hingga beberapa titik strategis lain untuk menjangkau layanan kepada masyarakat.

“Kebetulan tadi saya lewat dan melihat ada mobil BPJS Kesehatan, jadi saya manfaatkan kesempatan ini untuk mengecek status kepesertaan saya karena kalau mau datang langsung ke kantor rasanya sulit untuk dijangkau, jauh soalnya.

Saya terhalang biaya juga kalau mau ke sana. Apalagi tidak semua masyarakat kami memiliki handphone yang memadai untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan yang lain. Makanya, melalui BPJS Keliling ini kami merasa terbantu sekali,” ujar Safaruddin.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Dwi Asmariyati mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten OKU Timur, termasuk yang mendapatkan bantuan iuran jaminan kesehatan dari Pemerintah Kabupaten OKU Timur, untuk memeriksa kembali status kepesertaannya.

Untuk melakukan pengecekan status kepesertaan, peserta dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) di nomor 08118165165 atau menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165.

Selain menggunakan kanal online BPJS Kesehatan, masyarakat dapat memanfaatkan layanan BPJS Keliling atau datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mengakses layanan administrasi dan melakukan perubahan data peserta.

“Untuk peserta yang membayar iurannya sendiri yaitu Peserta PBPU Mandiri dapat melakukan reaktivasi melalui kanal informasi pelayanan BPJS Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: