Terkait Kebocoran Pipa Pertamina, DLH Prabumulih Turunkan Tim ke Lokasi

Terkait Kebocoran Pipa Pertamina, DLH Prabumulih Turunkan Tim ke Lokasi

Kebocoran Pipa Pertamina, DLH Prabumulih Turunkan Tim ke Lokasi-Foto : prabupos-

Terkait Kebocoran Pipa Pertamina, DLH Prabumulih Turunkan Tim ke Lokasi 

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Prabumulih mulai menurunkan tim ke lapangan, atas insiden kebocoran pipa Pertamina di Jalan Nigata, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Prabumulih Timur.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala DLH Hj Ir Dwi Koryana. "Kami ada bidang pengawasan dan saat ini sudah turun ke lapangan, namun sejauh ini belum ada hasil," ujarnya kepada wartawan saat di kantor Pemkot Prabumulih, Senin 20 November 2023.

Dikatakannya, sampel air akan diambil. "Akan diambil sampel air. Dari Pertamina juga begitu ada kejadian langsung berkengak cepat ke lokasi melakukan pembersihan," ucapnya.

BACA JUGA:Pipa Migas jalur Pengiriman ke Plaju Bocor, Pertamina Sigap Tangani Insiden

Disinggung apakah ada sanksi? Perempuan berkerudung itu mengatakan, pihaknya akan meihat terlebih dahulu, apakah penyebab terjadinya insiden tersebut. Apakah dari korosi pipa, oknum, dan lainnya. 

"Karena Pertamina bisanya ada petugas khusus untuk mengawasi pipa yang korosi dan lainnya," jelasnya.

Dalam kesempatan itu pula, Dwi mengimbau kepada pihak Pertamina untuk segera mengganti pipa jika memang terjadinya korosi. 

BACA JUGA:7 Lokasi SPBU di Kota Prabumulih, Nomor 6 Dekat Gerbang Tol Prabumulih

"Kalau memang terbukti korosi harus diganti. Tapi memang tidak serta-merta karena keterbatasan anggaran jadi kami berikan waktu kepada Pertamina untuk penggantian pipa tersebut," tegasnya. 

Kendati demikian, jika pada batas waktu tertentu imbauan tak juga diindahkan. Maka bisa saja pihaknya akan memberikan sanksi berupa SP 1, SP 2, SP 3 dan bisa sampai pemberhentian sementara. "Namun pada intinya, kita di pemerintahan sifatnya pembinaan dan biasanya mereka cepat penanganannya," jelasnya.

Lalu, bagaimana dengan kolam warga sekitar yang ikut terkena limbah minyak pertamina? Dia mengaku, mereka (Pertamina, red) harus memberikan kompensasi kepada masyarakat yang kolam nya terkena. 

BACA JUGA:November Ini 2 Kepala Dinas Pemkot Prabumulih Tinggalkan Jabatan, Siapa?

Diberitakan sebelumnya, Insiden kebocoran pipa milik PT Pertamina EP Prabumulih Field kembali terjadi di Kota Prabumulih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: