Pengentasan Stunting harus Menyeluruh, Pj Wako : Jangan Ada yang Tertinggal

Pengentasan Stunting harus Menyeluruh, Pj Wako : Jangan Ada yang Tertinggal

Pengentasan Stunting harus Menyeluruh--

Pengentasan Stunting harus Menyeluruh, Pj Wako : Jangan Ada yang Tertinggal 

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID  - Pj Walikota Prabumulih H Elman ST MM menegaskan, jika pengentasan stunting harus dilakukan secara menyeluruh.

Dimana upaya pengentasan stunting tak cukup hanya dengan melihat kondisi penderita dan memperhatikan gizi anak semata.

Namun harus dilakukan secara menyeluruh, dalam hal ini dari segi ekonomi, hingga harus memperhatikan situasi dan kondisi tempat tinggal penderita.

BACA JUGA:Ratusan PPPK Tenaga Teknis Prabumulih Lulus Optimalisasi Belum Dilantik, Kepala BKPSDM Sampaikan Ini

"Ini kan satu kesatuan, kalau masalah stunting kurang gizi saja enak. Tapi kita lihat kondisi rumahnya, kondisi jangka lama apa pekerjaan orang tuanya, kondisi rumahnya kesehatan rumahnya itu yang harus kita pikirkan," tuturnya disela sela kunjungan ke rumah penderita stunting, Selasa 21 November 2023. 

Oleh karena itulah kata dia, Pemkot Prabumulih secara keroyokan melakukan upaya menekan stunting dengan melibatkan semua OPD. "Jadi kita tidak hanya rapat saja, tapi lihat kondisi situasi rumah," katanya.

Misalkan kata dia, keluarga penderita tak masuk dalam daftar PKH maka akan diupayakan oleh dinas terkait. begitupun bila ada yang belum memiliki KK maka akan dibuatkan oleh Disdukcapil.

BACA JUGA:Puluhan Pendekar Prabumulih Turun Gunung Galang Dana untuk Palestina

"Apakah sudah dapat bantuan belum. Kemudian yang wc nya belum layak kita buatkan, yang belum masuk penerima bantuan beras kita masukkan. Yang belum PKH kita masukkan. Belum punya KK kita bawa kadin Capil. Jadi jangan ada yang tertinggal," ucapnya.

Nantinya ungkap dia, dari apa yang dilakukan tersebut akan dilihat progres 3 bulan kedepan. "Akan kita pantau anak anak ini 3 bulan kedepan," ujarnya.

Ia menegaskan, pihak dinas kesehatan dalam hal ini puskemas dan Posyandu wajib memantau kesehatan anak-anak stunting. "Begitupun dengan Lurah RT RW punya peran, dan Alhamdulillah RT nya tahu persis dengan warganya," tuturnya.

BACA JUGA:Terkait Kebocoran Pipa Pertamina, DLH Prabumulih Turunkan Tim ke Lokasi

Disinggung adakah target dalam menurunkan stunting, apalagi diketahui ada 78 anak penderita stunting di Kota Prabumulih saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: