99 Hektar Lahan Sawit di Kota Prabumulih Berpotensi Ditanam Padi Gogo

99 Hektar Lahan Sawit di Kota Prabumulih Berpotensi Ditanam Padi Gogo

99 Hektar Lahan Sawit di Kota Prabumulih Berpotensi Ditanam Padi Gogo --Foto: Prabupos

99 Hektar Lahan Sawit di Kota Prabumulih Berpotensi Ditanam Padi Gogo 

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Tahun 2024 ini, Pemerintah Kota Prabumulih mendapat bantuan Program penanaman Padi Gogo dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian.

Nah, Padi Gogo ini ditanam secara tumpang sisip dilahan perkebunan sawit milik kelompok Tani Desa Karya Mulya Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT).

Adapun bantuan tersebut sebanyak 330 kg untuk lahan seluas 22 hektar. Padi Gogo dipilih karena merupakan jenis padi yang dapat ditanam di lahan kering, dengan sistem pengairan yang mengandalkan air hujan.

"Sangat cocok untuk ditanam secara tumpang sisip, karena lahan lain kita tidak punya," kata Kepala Dinas Pertanian Alfian SP dibincangi di lokasi penanaman padi gogo, Rabu 24 Juli 2024.

BACA JUGA:Perdana! Pj Wako Tanam Padi Gogo Tumpang Sisip di Lahan Sawit Desa Karya Mulya

BACA JUGA:Tercepat Atasi Stunting di Sumsel, Kota Prabumulih Raih Penghargaan Implementasi Nyata Genre Cegah Stunting

Alfian menuturkan, untuk potensi penanaman padi gogo di Desa Karya Mulya yakni 99 hektar dari total 967 hektar luas tanaman sawit yang ada.

"Banyak yang umurnya sudah di atas 3 tahun jadi sudah tidak bisa lagi. Tapi yang di tanam yang umur sawitnya 1 - 2 tahun," ungkapnya.

Namun saat ini kata dia, kendati potensi ada 99 hektar. Yang sudah mendapat bantuan bibit yakni baru 22 hektar. "Bibit 15 kg per hektar. Jadi untuk 22 hektar ada 330 kg yang sudah kita terima dari kementerian," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan, Ir H Bambang Pramono, memberikan apresiasi untuk Kota Prabumulih.

BACA JUGA:Manfaatkan Lahan Kosong, 4 KWT Aktif di Gunung Ibul Kota Prabumulih

BACA JUGA:1 Korban Meninggal, 1 Karhutla :Kasus Kebakaran di Kota Prabumulih Hingga Juli 2024

Betapa tidak, Kota Prabumulih menjadi salah satu daerah di Sumatera Selatan yang mendukung ketahanan Pangan salah satunya menanam di lahan kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: