Sedekah Kebau di Prabumulih, Biasanya Digelar Saat Bayar Nazar

Sabtu 22-07-2023,11:01 WIB
Reporter : Aldo Hazimi
Editor : itdisway

Sedekah Kebau di Prabumulih, Biasanya Digelar Saat Bayar Nazar 

 
PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Sedekah Kebau (Sedekah Adat) merupakan tradisi yang telah dilakukan sejak dahulu dan merupakan warisan budaya turun menurun serta memilki ciri khasnya tersendiri.
 
 
Sebagian dari masyarakat Kota Prabumulih sendiri masih melakukan tradisi Sedekah Kebau (Sedekah Adat) ini.
 
 
Adapun Sedekah Kebau (Sedekah Adat) dilakukan pada saat nazar dari salah satu anggota keluarga, sanak, saudara sudah tercapai. 
 
BACA JUGA:Ngicau Juadah Tradisi Suku Rambang - Belide yang Mirip Tradisi Suku Komering
 
BACA JUGA:Bubu Perangkap Ikan Tradisional, Masih Digunakan Warga di Pedesaan
 
 
Nazar merupakan sebuah janji atau niat dari seseorang untuk melakukan sesuatu jika keinginan atau tujuan yang dia impikan dapat terwujud. Begitulah kenapa Sedekah Kebau dapat dilaksanakan karena seseorang berniat jika keinginannya dapat terwujud dan akan melakukan Sedekah Kebau.
 
 
 
Adapun Sedekah Kebau dilakukan dengan cara memotong hewan Kerbau yang jumlah hewanya sesuai dengan niat pemilik nazar tersebut.
 
 
 
Setelah Kerbau dipotong, acara akan dilanjutkan dengan cara memasak daging kerbau tersebut bersama sama dengan keluarga, tetangga, saudara, bahkan biasanya satu kampung mengikuti acara sedekah Kebau ini.
 
BACA JUGA:Bubu Perangkap Ikan Tradisional, Masih Digunakan Warga di Pedesaan
 
BACA JUGA:Digelar Meriah Seperti Lebaran, Ini 4 Wilayah Suku Belide di Prabumulih yang Lestarikan Sedekah Dusun
 
 
Daging Kerbau biasa dimasak menjadi rendang, pindang, gulai maupun jenis masakan lainnya. Setelah selesai dimasak acara akan dilanjutkan dengan yasinan bersama.
 
 
Yasinan dilakukan bersama sama dengan orang orang kampung sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. yang dilanjutkan dengan acara makan bersama setelah yasinan selesai.
 
BACA JUGA:Mengenal Sedekah Balek Andun, Tradisi Adat Suku Rambang Kota Prabumulih yang Masih Dilestarikan
 
BACA JUGA:Ruko Panjang, Tradisi Adat Suku Rambang yang Terancam Punah
 
 
Adapun sebagian daging Kerbau yang telah dimasak dibagikan kepada para tetangga, sanak, saudara. Di Kelurahan Muara Dua Prabumulih Sedekah Kebau masih dilakukan saat nazar seseorang tercapai.(*)
 
 
 
Kategori :