Tol Jogja Solo akan Jadi Tol Pertama di Pulau Jawa yang Dilengkapi Jalur untuk Sepeda

Tol Jogja Solo akan Jadi Tol Pertama di Pulau Jawa yang Dilengkapi Jalur untuk Sepeda

KLATEN—Tol Jogja Solo akan dilengkapi jalur khusus sepeda. Tol Jogja Solo akan menjadi tol pertama di Pulau Jawa yang dilengkapi jalur untuk pegowes.

General Manager Lahan dan Utilitas PT JMM, Muhammad Amin, mengatakan jalur khusus sepeda itu bisa dibuat di sepanjang ruas Tol Jogja-Solo seksi 1 antara Kartasura-Purwomartani.

“Minimal yang di Jawa Tengah mulai dari Karanganyar-Boyolali-Klaten. Tetapi kami berharap bisa sampai ke Purwomartani [Sleman, DIY],” kata dia, Senin (11/7/2022).

Amin mengatakan panjang Tol Jogja-Solo seksi 1 Kartasura-Purwomartani sekitar 42 km. Sementara, ruas Tol Jogja Solo dari Kartasura-Klaten sekitar 35 km. Tol Jogja Solo bakal menjadi jalan tol pertama di Pulau Jawa yang dilengkapi dengan jalur khusus sepeda.

“Jadi itu sama badan jalan tol terpisah. Nanti jalan tol ada main road, kemudian ada ruang jalan paling kiri dan di sana berupa tanah dan rerumputan. Batas paling kiri dengan [pekarangan warga] itu kan ada tembok atau pagar berduri. Dari sana nanti dikurangi sekitar lima meter untuk jalur sepeda. Jadi nanti ada dua pagar untuk membatasi dengan tanah warga dan membatasi dengan main road tol,” kata Amin.

Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya, mengatakan usulan itu disampaikan mempertimbangkan lahan yang dibebaskan cukup lebar. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo turut mendukung usulan tersebut.

Yoga menjelaskan jalur khusus sepeda di sepanjang ruas jalan tol bisa dimanfaatkan area olahraga terutama bersepeda sekaligus berwisata. Akses menuju ke jalur sepeda tersebut bisa melalui rest area.

Bakal ada dua rest area Tol Jogja Solo di wilayah Klaten, yakni di Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen serta di wilayah Desa Demakijo-Jagalan, Kecamatan Karangnongko. Akses ke rest area diharapkan tak harus melewati ruas Tol Jogja. (harianjogja)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: