Memiliki Keterbatasan Fisik Bukan Alasan Untuk Raih Prestasi

Memiliki Keterbatasan Fisik Bukan Alasan Untuk Raih Prestasi

Mukhlis didampingi istrinya yang juga tidak memiliki kaki dan tangan kanan, saat menghadiri sosialisasi pemilu serentak yang dilaksanakan oleh KPU Foto: Eka/ PP--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID – Memiliki keterbatasan fisik sering kali membuat seseorang membatasi diri untuk bisa berbaur dan bermasyarakat di lingkungan sekitar, hal ini sangat dirasakan oleh Mukhlis, salah seorang warga Prabusari Kelurahan Majasari Kecamatan Prabumuilih Selatan, Kota Prabumulih.

 

Menjadi salah satu korban kecelakaan berat di tahun 2010 lalu, membuat dirinya harus kehilangan kaki kananya. Hal  itu sempat membuatnya putus asa dan nyaris tidak ada semangat hidup, namun dengan sering berkoordinasi dengan sesama penyandang disabilitas, yang memiliki keterbatasan fisik, membangkitkan semangat hidupnya.

Mukhlis akhirnya menjadi atlet renang Nasional, ia menjadi bagian dari National Paralympic Committe Indonesia (NPCI), yaitu  Organisasi olahraga khusus penyandang disabilitas, menjadi wadah bernaung para disabilitas di Prabumulih. Pria ini berhasil menjadi juara dalam Olimiade paralympic di Papua tahun 2021 lalu.

“alhamdulillah menjadi atlet paralympic kembali membangkitkan semangat hidup kami semua yang mengalami keterbatasan fisik, ternyata hanya dengan berprestasi untuk bisa bangkit dan semangat kembali. dengan adanya NPCI menjadi wadah untuk memfasilitasi kami berprestasi dan kekurangan kami menjadi tertutupi,” bebernya, saat dibincangi koran ini,usai menjadi peserta sosialisasi tahapan pemilu serentak oleh KPU di Campoeng Cemara, senin kemarin.

Menurutnya, untuk menjadi atlet yang berhasil meraih tiga medali ditingkat Nasional, saat Paralympic di Papua tahun 2021 lalu, ayah satu anak ini sudah mempersoapkan diri sejak tahun 2016 lalu, bahkan sleksi  dulu hingga melalui 7 x tahapan.

“alhamdulillah ada 3 tangkai olahraga dari Kota Prabumulih, yaitu renang, bulu tangkis dan atletik, semuanya berhasil meraih medali masing masing tiga medali, tangkai renang 3 medali yaitu perak 2 dan satu perunggu. Bulu tangkis medali Emas, perak dan perunggu,” bebernya.

Lebih jauh suami Sarifa yang dengan keterbatasna yang sama ini, berharap agar para warga dengan keterbatasan fisik tetap semangat untuk menonjolkan prestasi, dan tetap semangat untuk membanggakan keluarga.

“hanya dengan prestasi kita bisa merubah hidup, alhamdulillah saya sekarang dipercaya menjadi ketua NPCI Kota Prabumulih. Melalui wadah ini, saya berkomitmen akan menaungi dan memfasilitasi masyarkat kota Prabumulih untuk sama sama meraih prestasi,” harapnya seraya mengatakan bahwa betapa tidak enaknya dipandang sebelah mata.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: