PHK Massal Mengancam Indonesia, Ini Permintaan Cak Imin ke Pemerintah

PHK Massal Mengancam Indonesia, Ini Permintaan Cak Imin ke Pemerintah

Muhaimin Iskandar--

JAKARTA, PRABUMULIHPOS.CO.ID – Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal kini mengancam Indonesia.

Mengantisipasi itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau biasa dikenal Cak Imin, meminta pemerintah segera mengambil kebijakan tepat mengantisipasi ancaman munculnya gejolak sosial yang dipicu tingginya angka pengangguran di Indonesia.

BACA JUGA:Kelompok Tani Tunas Jaya Patih Galung Terima Daun Nanas Sebanyaknya dari Petani

"Saat ini Indonesia dalam situasi mengkhawatirkan terkait masalah sosial, menyusul ancaman gelombang PHK yang mengintai rakyat Indonesia," kata Cak Imin seperti dikutip dari JPNN.com, Senin 16 Januari 2023.

Cak Imin meminta pemerintah segera bertindak. "Saat ini serapan angkatan kerja hanya berkisar 2,9 juta tenaga kerja, kondisi ini dapat terjadi dengan syarat kondisi perekonomian normal dan stabil," katanya.

BACA JUGA:6 Jam Diintai, 2 Pengedar Pil Setan Ditangkap

BACA JUGA:Modal Nonton Video di Aplikasi Ini, Saldo DANA Gratis Langsung Cair Rp2.000.000

Cak Imin menilai dengan tingginya angka pengangguran di Indonesia maka dikhawatirkan muncul berbagai permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat.

Salah satu masalah yang mungkin muncul adalah meningkatnya ancaman kejahatan karena tekanan ekonomi.

"Masalah ekonomi itu sangat rentan meningkatkan jumlah kriminalitas. Itu sangat mengkhawatirkan terhadap gejolak sosial," katanya.

BACA JUGA:Bentrokan Maut PT GNI Morowali Utara, Telan 2 Korban Jiwa, Berikut Kronologinya

Dari data yang dirangkum Tim PKB sambungnya, diperkirakan per 2022-2023 sebanyak 100 perusahaan di Jawa Barat akan melakukan PHK massal. Sektor industri alas kaki, industri furnitur, dan tekstil terguncang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: