Ini Tahapan Pembuatan Soal Asesmen Madrasah

Ini Tahapan Pembuatan Soal Asesmen Madrasah

Suasana pelaksanaan pembuatan naskah soal Asesmen Madrasah Foto; Eka/ pp--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID- Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Madrasah (MKKM) Tsanawiyah Kota Prabumulih, mulai melakukan pembuatan naskah soal asesment madrasah. Pelaksanaan pembuatan naskah soal asesmen madrasah senin, 20 maret 2023 bertempat di MTs Negeri 1 Prabumulih.

BACA JUGA:Ini Kegiatan dilakukan SDN 13 Jelang Ramadhan

Setidaknya sebanyak sebanyak 14 mata pelajaran (mapel), yang terdiri dari 9 mapel umum Dan 5 mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu bahasa arab, fiqih, al qur'an hadist, SKI dan aqidah akhlak.

BACA JUGA:Ratusan Ribu Honorer K2 & Non-K2 Bakal Menangis, Ini Penyebabnya

" Team pembuat naskah soal asesmen madrasah, berjumlah 70 orang . Yang semuanya adalah anggota MKKM MTs yaitu 10 MTs di lingkungan Kementerian Agama Kota Prabumulih," ujar Ketua MKKM, Amrullah SPdI melalui sekretaris MKKM, Sri Kurniati M. Pd.

BACA JUGA:Beda! SMPN 1 Prabumulih Lantik Pengurus OSIS di Danau Shuji

Lanjutnya, Pembuatan soal sesuai dengan acuan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan juga instrumen kisi kisi soal asesmen madrasah. Meski pelaksanaan asesmen madrasah masih lama, yaitu 10 April sampai 16 April 2023 mendatang, namun Panitia pembuatan soal berharap agar dapat mengukur kemampuan para siswa.

BACA JUGA:BACA JUGA:Beda! SMPN 1 Prabumulih Lantik Pengurus OSIS di Danau Shuji

"pembuatan naskah soal asesmen untuk mengetahui ketercapaian kompetensi peserta didik dalam menentukan kelulusan, karna itu kita berharap nanti semua naskah soal dapat disesuaikan dengan kisi-kisi yang sudah ditentukan," jelasnya.

BACA JUGA:Ini Kegiatan dilakukan SDN 13 Jelang Ramadhan

Diketahui, Asesmen Madrasah atau yang biasa disebut AM, adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah, untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan. Fungsi dari asesmen madrasah salah satunya adalah untuk penentuan kelulusan peserta didik dari madrasah. Oleh karena itu kualitas instrumen atau soal asesmen menjadi sangat penting.

BACA JUGA:Ratusan Ribu Honorer K2 & Non-K2 Bakal Menangis, Ini Penyebabnya

Berikut Tahapan Penulisan Soal Asesmen Madrasah (AM) yang harus dilakukan oleh tim pembuatan naskah soal Asesmen Madrasah. Yaitu 1. Menentukan materi esensi, kemudian Menganalisis Kompetensi Dasar (KD). 2. Menyusun kisi-kisi soal AM 4. 3. Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual. Kemudian 4. Menulis butir soal sesuai dengan stimulus, kemudian urutan 5. Membuat kunci jawaban dan pedoman penskoran soal asesmen," tandasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: