Ini Profil 3 Universitas Terbaik di Sumatera Selatan Versi UniRank 2023

Ini Profil 3 Universitas Terbaik di Sumatera Selatan Versi UniRank 2023

Kampus Universitas Sriwijaya yang berada di Indralaya, Ogan Ilir Sumatera Selatan--

PRABUMULIHPOS.CO.ID - Beberapa waktu lalu UniRank merilis peringkat universitas atau kampus terbaik di Provinsi Sumatera Selatan. 

Dan berikut ini deretan 7 Universitas Terbaik di Provinsi Sumatera Selatan yang dirilis UniRank 2023.

BACA JUGA:Ini 7 Universitas Terbaik di Sumatera Selatan Berdasarkan UniRank 2023, Unsri dan UIN Raden Fatah?

Yakni peringkat pertama ditempati Universitas Sriwijaya, kedua Universitas Bina Darma, ketiga Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, keempat Universitas Muhammadiyah Palembang, kelima Universitas PGRI Palembang, keenam Universitas Indo Global Mandiri dan ketujuh Universitas Katolik Musi Charitas.

Nah, dalam artikel kali ini kami akan menyajikan profil dan sejarah 3 universitas terbaik di Provinsi Sumatera Selatan.

1. Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya atau yang biasa disingkat Unsri merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan. Universitas Sriwijaya oleh Presiden Soekarno pada 3 November 1960. Unsri kini memiliki 10 fakultas dengan dua lokasi kampus yang berbeda, yaitu Bukit Besar, Kota Palembang dan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. Unsri sebagai Perguruan Tinggi Negeri bertujuan menghasilkan lulusan yang dapat melaksanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan nasional.

Universitas Sriwijaya memiliki dua lokasi kampus berbeda. Kampus pertama, yakni Kampus Bukit Besar yang berada di Kota Palembang. Sementara kampus kedua, yakni Kampus Indralaya berada di Kabupaten Ogan Ilir. Kampus Bukit Besar berdiri di atas lahan seluas 32,5 hektare.

BACA JUGA:Ini 50 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2023, Tak Ada dari Sumatera Selatan

Sementara Kampus Indralaya berdiri di atas lahan seluas 712 hektare. Dengan lahan yang begitu luas, pendidikan jenjang D-III, D-IV, S2, dan S3 berlokasi di Kampus Bukit Besar. Kemudian pendidikan untuk jenjang S1 didirikan di Kampus Indralaya.

Dengan luas sekitar 712 hektare, Kampus Utama Indralaya menjadi pusat kegiatan mahasiswa jenjang S1. Di kampus tersebut tersedia Kantor Pusat Administrasi (KPA), Lembaga Bahasa, Perpustakaan Pusat, Lembaga Penelitian, Klinik Kesehatan, Pusat Komputer, Stasiun Pemadam Kebakaran, dan masih banyak lagi. Kampus Utama Indralaya digadang-gadang sebagai kampus dengan pengembangan lahan terluas di Asia Tenggara.

Tak heran jika Universitas Sriwijaya juga memiliki lahan seluas 50 hektare yang dijadikan kebun percobaan. Kebun tersebut terletak di daerah Gelumbang, Muara Enim. Selain kebun percobaan, Universitas Sriwijaya membuka Fakultas Kedokteran di Kompleks Rumah Sakit Mohammad Hoesin, Kampus Pascasarjana, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

BACA JUGA:Kendaraan Nunggak 2 Tahun atau Lebih, Wajib Pajak Cukup Bayar Segini

Universitas Sriwijaya ternyata memiliki bus kuning yang digunakan sebagai moda transportasi alternatif bagi mahasiswa. Selain itu, pemerintah juga turut mendukung moda transportasi mahasiswa berupa Kereta Api Ekspres Kertalaya dengan kapasitas angkut 110 orang. Hadirnya kereta api ekspres membuat Unsri menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi yang melayani mahasiswa berangkat ke kampus dengan gerbong kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: