Viral, Oknum Pegawai Kelurahan di Kota Prabumulih Diduga Pungli terhadap Warga yang Urus Surat Tanah

Viral, Oknum Pegawai Kelurahan di Kota Prabumulih Diduga Pungli terhadap Warga yang Urus Surat Tanah

Tangkapan layar dugaan pungli yang dialkukan pegawai di kelurahan di Prabumulih--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Dugaan Praktek pungli di lingkup kelurahan Kota Prabumulih Sumatera Selatan, membuat heboh dan viral di media sosial.

BACA JUGA:HK Tegaskan Tol Prabumulih-Indralaya Gratis

Hal itu setelah adanya salah satu postingan media sosial di salah satu akun. Postingan itu disebutkan bila lokasi kejadian ada di salah satu Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Prabumulih Barat.

Dalam postingan berdurasi sekitar 2:50 menit itu, diketahui ada salah satu warga yang hendak mengurus balik nama surat tanah. Namun, dalam kepengurusannya yang bersangkutan diminta uang senilai Rp 200 ribu oleh oknum pegawai Kelurahan yang ada di Kota Prabumulih.

BACA JUGA:Soal Honorer Akan Dihapus, Walikota Prabumulih Ridho Yahya Surati Presiden

Dalam percakapan tersebut, oknum ASN itu menjelaskan rincian uang tersebut.

"200 ribu, die dienjuk100 ribu, ini ada tanda tangan tukang ngukur dienjuk 30 Ribu. Yang ngetiknyo 20 ribu duo ikok jadi 40 ribu," ucap oknum ASN tersebut.

Warga yang mengurus surat menuturkan, hendak mengurus celah dan bila dari RT RW tak ada pungutan apapun. Namun, oknum ASN tersebut menuturkan jika harusnya sadar diri bila minta tolong. 

BACA JUGA:Salut! Pemuda di Ogan Ilir Ini Rela Rogoh Kocek Pribadinya untuk Timbun Jalan Berlubang di Desanya

"Sadar diri bae, kalau minta tulung dengan urang, upah die tanda tangan," ucapan lagi.

Kemudian siperekam video atau warga yang ngurus surat menuturkan bila pegawai kelurahan sudah digaji. Oknum ASN tersebut kembali memberikan jawaban.

"Itu pribadi masing-masing," cetusnya yang kemudian terlihat menerima telepon dan membicarakan surat tanah lalu berlalu sambil membawa berkas yang ada di depan meja.

BACA JUGA:Warga PALI Ini Terpaksa Berlebaran di Sel, Ini Masalahnya

Lurah Kelurahan yang menjadi lokasi dugaan Pungli oleh oknum ASN,  mengaku sudah memanggil oknum tersebut dan mengadakan rapat bersama staf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: