Ada Hewan Belum Cukup Umur di Penjual Kurban, Ini yang Dilakukan Dinas Pertanian Bidang Peternakan Prabumulih

Ada Hewan Belum Cukup Umur di Penjual Kurban, Ini yang Dilakukan Dinas Pertanian Bidang Peternakan Prabumulih

Pemeriksaan hewan di lapak penjual kurban di Kota Prabumulih. Foto: prabupos --

Ada Hewan Belum Cukup Umur di Penjual Kurban, Ini yang Dilakukan Dinas Pertanian Bidang Peternakan Prabumulih 

 
 
PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID -  Pemerintah Kota Prabumulih melalui Dinas Pertanian Bidang Peternakan, memastikan stok heman kurban untuk menyambut hari Raya Kurban atau  Hari Raya Idul Adha 1444 H dipastikan aman.
 
Selain aman, persediaan hewan kurban yang dijual oleh pedagang kurban juga dinyatakan sehat. Hal itu setelah dilakukan pemeriksaan dan sidak, Senin 26 Juni 2023.
 
 
 
"Kami sudah mengecek dan melakukan pemeriksaan di lapangan, hasilnya aman hewan sehat dan stok hewan juga banyak," kata Kepala Dinas Pertanian Alfian SP melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Iswan Hadi SP, Senin 26 Juni 2023.
 
Hanya saja kata dia, ada  disalah satu penyedia hewan kurban ditemukan hewan yang belum cukup umur. 
 
"Ada yang diduga tidak cukup umur, dari pemeriksaan gigi, belum ada yang lepas gigi serinya. Ini kita beri arahan agar penjual untuk memberi tau kepada calon pembeli bahwa ini belum memenuhi syarat kalo untuk kurban, tapi kalo untuk aqiqah bisa," tuturnya.
 
 
 
Dalam kesempatan itu, ia menghimbau kepada masyarakat atau pembeli untuk lebih teliti dalam memilih hewan kurban. 
 
"Bagi pembeli, kita beri saran agar lebih teliti dalam memilih kambing kurbannya, dari ukuran biasanya sudah memberikan tanda, jika postur badannya kecil, patut dicurigai belum cukup umur, sebaiknya cek giginya, tengok apakah sudah ganti gigi apa belum, jangan hanya karena murah tapi malah tidak memenuhi syarat," jelasnya.
 
 
 
Disinggung mengenai jumlah penjual hewan, Iswan menuturkan ada 52 kandang hasil pendataan Dinas Pertanian Bidang Peternakan.
 
"Persediaan sapi dan kambing yang terdata oleh dinas pertanian melalui pendataan petugas, sebanyak 52 kandang atau penjual di 6 kecamatan, dengan jumlah sapi 573 ekor dan persediaan kambing 1.293 ekor," tukasnya.(08)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: