BPBD Prabumulih Tangani 250 Kejadian, Didominasi Kebakaran Lahan

BPBD Prabumulih Tangani 250 Kejadian, Didominasi Kebakaran Lahan

BPBD Prabumulih Tangani 250 Kejadian, Didominasi Kebakaran Lahan-Foto : prabupos-

BPBD Prabumulih Tangani 250 Kejadian, Didominasi Kebakaran Lahan

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Tercatat 250 kejadian atau peristiwa ditangani oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Prabumulih, sepanjang Januari - September 2023.

Adapun kejadian atau peristiwa tersebut, 196 bencana yakni 15 titik lokasi banjir, 169 kebakaran dan 12 puting beliung. Sementara 54 laporan merupakan evakuasi.

"Untuk kebakaran paling dominan kebakaran lahan dan hutan. Kemudian ada kebakaran rumah, termasuk ada pipa gas bocor," kata Kalaksa (Kepala Pelaksana) BPBD Kota Prabumulih Sriyono SH melalui Kasi Pencegahan R Tauhid SH didampingi manager Pusdalops Huswandi SH, dibincangi Senin 6 November 2023.

BACA JUGA:Hujan Disertai Angin Kencang, Warga Prabumulih Waspada Pohon Tumbang Atap Melayang

Sedangkan untuk banjir, ada 15 kejadian yang dialami warga di pemukiman pinggiran sungai kelekar. "Termasuk juga banjir akibat luapan anak sungai kelekar," ucapnya.

Peristiwa selanjutnya yang sudah ditangani oleh tim BPBD hingga September 2023 yakni puting beliung dan evakuasi.

"Kalau puting beliung ada 12 kejadian, terakhir Sabtu di Perumahan Arda. Kalau evakuasi itu mulai dari pembersihan pohon tumbang, sarang tawon, kucing masuk sumur hingga evakuasi ular di rumah warga," jelasnya.

BACA JUGA:Jangan Terlewatkan, Ini Jadwal Cetak Kartu Ujian PPPK Prabumulih

Disinggung mengenai kejadian musibah puting beliung apakah sudah ada korban? R Tauhid mengungkapkan, untuk kerugian material sudah pasti dialami oleh korban.

"Alhamdulillah hanya sebatas kerugian material dan itu sudah pasti. Bahkan ada yang atapnya habis tersapu angin tinggal dindingnya saja," imbuhnya.

BACA JUGA:VIRAL! Nekat Terobos Palang Pintu di Rel Prabumulih, Agya Nyaris Diseruduk Ular Besi

Lebih lanjut ia mengingatkan, bila ada kejadian agar kiranya segera menghubungi BPBD atau datang langsung ke posko yang ada di Jalan Taman Murni. "Atau bisa menghubungi nomor 07133300696," lanjutnya menuturkan petugas stanby 24 jam.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: