Sumur Migas Tak Aktif Milik Pertamina Bocor, Timbulkan Bau Gas Menyengat Warga Curup Pali Sesak Nafas

Sumur Migas Tak Aktif Milik Pertamina Bocor, Timbulkan Bau Gas Menyengat Warga Curup Pali Sesak Nafas

Sumur Pertamina EP (PEP) Adera Field bocor --Foto:ist

Adapun kebocoran terjadi terhadap sumur Migas tidak aktif (suspended) RJA-54 yang berlokasi di Desa Curup Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Dampak Tumpahan Minyak Mentah di Sungai Kelekar Prabumulih, Lurah Cek Sumur Warga yang Tercemar

PEP Adera Field melakukan sterilisasi jarak aman di lokasi, berkoordinasi dengan pemerintah desa, kecamatan dan kepolisian.

Lalu menginventarisasi lokasi rumah warga yang terdekat, namun lokasi sumur jauh dari pemukiman warga sekitar 600 meter dan berada diseberang sungai lematang Desa Curup.

Penanganan awal selanjutnya, dilakukan pengukuran gas test pada beberapa titik disekitar lokasi sumur dan juga tempat aktifitas masyarakat. 

Hal itu seperti disampaikan Head of Communication Relations & CID Zona 4, Tuti Dwi Patmayanti.

BACA JUGA:Tumpahan Minyak di Sungai Kelekar Kota Prabumulih, Ini Penyebabnya

"Hasil pengukuran gas test dibeberapa titik khususnya tempat aktifitas masyarakat sejauh ini masih bagus, dengan hasil 0 (nol) untuk tingkat gas-nya. Pada titik-titik itu terus kami lakukan pemantauan gas test setiap satu jam sekali," kata Tuti dalam press release, Sabtu 16 Maret 2024.

Ia menambahkan pengukuran gas test dilakukan agar aktifitas masyarakat tetap aman terkendali dan tim sedang berupaya maksimal melakukan penanganan.

"Saat ini Pertamina Zona 4 telah mengaktifkan Incident Management Tim (IMT) untuk mempercepat proses penanganan kebocoran," tukasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: