Terapkan Prinsip Portabilitas, BPJS Kesehatan Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran

Terapkan Prinsip Portabilitas, BPJS Kesehatan Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran

BPJS Kesehatan Berikan Layanan JKN Liburan --prabupos

Terapkan Prinsip Portabilitas, BPJS Kesehatan Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, berkomitmen memberikan kemudahan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama cuti dan libur lebaran pada 8 April - 15 April 2024.

Komitmen tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS  Kesehatan Cabang Prabumulih, Dwi Asmariyati mengatakan prinsip portabilitas tersebut diwujudkan dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

Dikatakannya Peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak 3 kali kunjungan dalam waktu satu bulan. 

BACA JUGA:JKN Berikan Perlindungan Kesehatan bagi Petugas KPPS

BACA JUGA:Jelang Persalinan, Deka Pastikan Status Kepesertaan JKN Aktif

"BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. 

Bagi yang mengakses layanan non tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA), dapat dilayani dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. 

Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN," kata Dwi dalam konferensi pers bersama media pada Rabu 20 Maret 2024.

Dwi melanjutkan, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur lebaran, BPJS Kesehatan telah menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024. 

BACA JUGA:Bebas Ribet, JKN Tuntas Biayai Pengobatan Nurjanah

BACA JUGA:Punya Tunggakan Iuran JKN, REHAB Solusinya

Lokasi Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis seperti Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Cikampek KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: