Transformasi Pendidikan, Peran Kurikulum Merdeka dan Guru Penggerak

Transformasi Pendidikan, Peran Kurikulum Merdeka dan Guru Penggerak

Transformasi Pendidikan, Peran Kurikulum Merdeka dan Guru Penggerak--Foto: Prabupos

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Penerapan Kurikulum Merdeka dalam dunia pendidikan telah membawa banyak perubahan signifikan. Salah satu yang paling mencolok adalah tuntutan bagi para guru untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Para guru kini dituntut untuk menyesuaikan metode pengajaran dengan minat dan preferensi siswa. Dalam konteks Kurikulum Merdeka, pendekatan ini dikenal sebagai pembelajaran berdiferensiasi atau siswa-centrik.

Pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan, juga meluncurkan program Guru Penggerak, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pendidik.

Perubahan yang dibawa oleh Kurikulum Merdeka memberikan dampak yang besar dalam sektor pendidikan saat ini.

BACA JUGA:Transformasi Pendidikan, SDN 6 Prabumulih Tingkatkan Kompetensi Guru dengan Teknologi

BACA JUGA:Siswa Prabumulih Raih Juara 1 KSM Provinsi, Siap Tampil di Tingkat Nasional

Program Pendidikan Guru Penggerak merupakan inisiatif kepemimpinan untuk guru yang mencakup pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama enam bulan.

Selama program ini, para guru tetap melanjutkan tugas pengajaran mereka. Oleh karena itu, guru dituntut untuk bersikap profesional, terutama dalam manajemen waktu agar dapat menjalankan tugas mengajar sekaligus mengikuti proses menjadi Guru Penggerak.

"Guru Penggerak dituntut untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tuntutan zaman dan kebijakan Kurikulum Merdeka, serta mengakomodasi kebutuhan siswa," kata Karmilawati SPd MSi, Kepala Bidang Ketenagaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih.

Guru Penggerak berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan sekolah, dengan fokus pada peningkatan layanan pendidikan, menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, dan menginspirasi siswa.

BACA JUGA:Perpustakaan Daerah Prabumulih, Menjaga Minat Literasi di Era Digital

BACA JUGA:Meningkatkan Kualitas Pendidikan: Inovasi Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka

Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan kompetensi sebagai pemimpin dalam pembelajaran yang berorientasi pada siswa, serta merancang program-program yang memberikan dampak positif bagi siswa.

Selain itu, Guru Penggerak berkesempatan untuk melakukan refleksi, berbagi pengalaman, berkolaborasi dengan rekan guru lain, dan memimpin inisiatif untuk mewujudkan visi sekolah yang mengutamakan kepentingan siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: