Penuhi Kekurangan Nilai Indikator PHBS Melalui Inovasi

Penuhi Kekurangan Nilai Indikator PHBS Melalui Inovasi

Seremonial penyambutan tim penilai sebelum ke lokasi. Foto; Eka/ pp--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Kota Prabumulih menjadi peserta lomba Pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan Posyandu tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Dalam pelaksanaan penilaian Prabumulih mendapatkan kunjungan ke penilai, dengan melakukan visitasi langsung ke lokasi rumah sehat di kelurahan patihgalung Kecamatan Prabumulih Barat, Kota Prabumulih, Jumat (26/8/2022)
 
Rini setia Budi SPd, kader di PHBS Kelurahan Patih Galung saat ini mengatakan dari 10 indikator PHBS, seperti tidak merokok dalam rumah, melakukan aktivitas fisik setiap hari, makan sayur dan buah setiap hari, memberantas jentik nyamuk hingga tersedia jamban sehat.
 
Mencuci tangan dengan sabun, dirumah tersedia air bersih, menimbang balita setiap bulan, bayi diberi asi eksklusif dan pertolongan persalinan oleh kelahiran kesehatan. Ada beberapa indikator yang nilainya di bawah 85 persen, didukung dengan inovasi yang diperankan oleh kadar PHBS di kelurahan Patih galung.
 
"Untuk meningkatkan kemampuan wanita tani dan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat penanaman sayur, aku juga tim Jumantik, untuk membasmi jentik nyamuk hingga ada Kader smokelyzer diterapkan di generasi muda agar tidak merokok didalam rumah ," bebernya.
 
Sementara Ass III Pemerintah Kota Prabumulih, Drs Amilton mengatakan, penerapan PHBS diawali dari masyarakat itu sendiri dan berkembang ditengah keluarga, lalu menyebar ke lingkungan. 
 
"Berawal dari Rumah yang sehat, karna itu PHBS diterapkan melalui program wali Kota Prabumulih untuk melakukan pembangunan rumah tak layak, melalui Baznas. dan Kota Prabumulih sanggup membangun rumah baru sebanyak 10 unit setiap bulan. Saat ini hampir tuntas untuk pembangunan rumah tak layak huni di Kota Prabumulih," jelasnya.
 
Kota Prabumulih juga memberikan perhatian dan pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat kota Prabumulih. "Kita mendampingi tim penilai untuk memberikan penilaian di lokasi, dan mereka akan tanya langsung pada kader di Patih Galung. Kita berharap agar tim penilai memberikan penilaian terbaik terbaik untuk Kota Prabumulih secara objektif," harapnya.
 
Tim juri PHBS Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, H Imam Subroto SKM Mkes mengatakan bahwa kedatangan merek ke Kota Prabumulih adalah untuk melakukan kunjungan untuk Visitasi, atas data yang sudah dikirim. 
 
"Kita hanya ingin melihat bakteri lapangan terhadap data yang sudah dikirim. Namun dari penjelasan yang kita lihat semua program pemerintah kota Prabumulih, sangat mendukung dan banyak yang berkaitan dengan PHBS dan kesehatan di masyarakat," katanya.
 
Diketahui Kehadiran tim penilai disambut di guest house rumah dinas Walikota Prabumulih yang diterima oleh ketua tim penggerak PKK Kota Prabumulih, Kepala Dinas Kesehatan, camat Prabumulih barat dan tim terkait. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: