Ini Manfaat Menghafal Al-Quran Bagi Anak, Yuk Simak Penjelasannya

Ini Manfaat Menghafal Al-Quran Bagi Anak, Yuk Simak Penjelasannya

Anak-anak penghafal Quran --

Seseorang tidak boleh lengah dan lepas konsentrasi untuk menghafal dengan baik. Sehingga dengan menghafal Al-Quran akan terlatih untuk berkonsentrasi yang tinggi.

2. Menstimulus otak dan tingkat kecerdasan

Aktifitas menghafal Al-Qur’an, dapat mengaktifkan sel-sel otak dan sel badan, sehingga menjadi lebih kuat dibanding orang yang tidak menghafal. Semakin banyak seseorang menggunakan otaknya maka semakin banyak pula sel-sel otak yang terhubung, sehingga menyebabkannya semakin cerdas.

3. Menumbuhkan kedisiplinan

Manfaat lain dari menghafal Al-Qur’an adalah menumbuhkan kedisiplinan dalam diri seseorang. Seorang penghafal harus pandai-pandai memanajemen waktu dengan baik. Membagi porsi waktu antara aktifitas menghafal dan aktifitas keseharian.

Dalam aktifitas menghafal, ia harus bisa membagi waktu untuk menghafal, tasmi’ (memperdengarkan hafalan), maupun murojaah (mengulang kembali hafalan yang sudah dihafal).

Belum lagi, aktifitas lain yang harus dikerjakan oleh anak yang menghafal Al-Qur’an sekaligus bersekolah. Ia juga harus pandai-pandai mengatur waktu antara prioritas menghafal dan prioritas sekolah.

Berdasarkan pembiasaan untuk membagi waktu dengan baik, secara otomatis akan menumbuhkan kedisiplinan dalam pribadi seseorang.

4. Menjadi pribadi yang baik

Orang yang menghafal Al-Qur’an akan terbiasa belajar keseriusan dalam hidup serta belajar untuk mengatur hidup. Tidak asal melangkah dan mengambil keputusan.

Seorang yang menghafalkan alqur’an akan merasa memiliki tanggung jawab untuk senantiasa menjaga. menjaga dalam artian disini tidak sebatas menjaga hafalan saja akan tetapi menjaga perilaku dan sikap sebagai seorang penghafal alqur’an selain itu, ia akan berusaha untuk mengamalkan dan mengajarkannya.

Seperti hadits Nabi Muhammad SAW. Yang artinya “ sebaik-baik kalian adalah yang belajar alqur’an dan mengajarkannya.”

5. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Bahasa adalah simbol bunyi yang diucapkan sehari-hari sebagai cara berkomunikasi antar satu dengan yang lain.

6. Menentramkan jiwa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: