Ini Manfaat Menghafal Al-Quran Bagi Anak, Yuk Simak Penjelasannya

Ini Manfaat Menghafal Al-Quran Bagi Anak, Yuk Simak Penjelasannya

Anak-anak penghafal Quran --

Al-Qur’an adalah sebaik-baiknya bacaan bagi orang mukmin. Baik di kala senang maupun susah, di kala gembira maupun sedih.

Bahkan membaca Al-Qur’an bukan saja menjadi amal dan ibadah, tetapi juga menjadi obat dan penawar bagi orang yang gelisah jiwanya.

Bacaan Al-Quran dapat memberikan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit bagi orang yang membaca dan mendengarkannya.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Isra’ ayat 82: "Dan kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian."

Lantas, Mengapa Menghafal Al-Qur’an dapat Meningkatkan Prestasi?

Berdasarkan beberapa manfaat menghafal alqur’an diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa menghafal Al-Qur’an memberikan implikasi yang baik, yakni dalam mengembangkan kentrampilan dasar serta meningkatkan prestasi.

Beberapa kasus membuktikan bahwa bila anak dilatih menghafal Al-Quran, prestasi belajarnya juga akan meningkat.

Hal ini dapat dilihat dari rata-rata prestasi belajar peserta didik antara mereka yang menghafal Al-Qur’an dengan yang tidak menghafal Al-Qur’an. Orang yang terbiasa menghafal al-Qur’an, maka ia akan belajar keseriusan dalam hidup, serta belajar menata dan mengatur hidupnya.

Ketika orang tua telah mengingingkan anaknya untuk menghafal Al-Qur’an, maka lebih baik sejak dini, terbukti dari beberapa Imam besar seperti Imam Syafi’i, Ibnu Sina, Imam Hambali, Umar bin Abdul Aziz, Ibn Khaldun adalah imam-imam yang sudah hafal alquran dalam usia yang masih belia.

Ketika beranjak dewasa dan matang, atas kehendak Allah, imam-imam tersebut menjadi ilmuwan, politisi, dan orang yang sangat berpengaruh pada zamannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: