Ini Manfaat Menghafal Al-Quran Bagi Anak, Yuk Simak Penjelasannya

Ini Manfaat Menghafal Al-Quran Bagi Anak, Yuk Simak Penjelasannya

Anak-anak penghafal Quran --

PRABUMULIHPOS.CO.ID- Orang tua mana yang tidak bangga memiliki anak yang berprestasi sekaligus penghafal Al-Qur’an? Kebanyakan orang tua tentu bahagia ketika anaknya berprestasi apalagi sebagai penghafal Al-Qur’an.

BACA JUGA:Nakes Dinkes Prabumulih Ngadu ke DPRD, Keluhkan Afirmasi serta Dugaan Kecurangan dalam Penerimaan PPPK

Menghafal bukanlah perkara yang mudah juga bukan perkara yang susah. Ada anggapan bahwa menghafal Al-Qur’an menjadi suatu beban dan memiliki banyak hambatan.

Menyita banyak waktu dan membutuhkan kesabaran. Sehingga, tak sedikit pula orang tua yang justru meragukan kemampuan anaknya dalam menghafal Al-Qur’an.

Karena keraguan itu, mereka menganggap bahwa prestasi akademik dalam pendidikan formal lebih penting daripada kemampuan menghafal Al-Qur’an.

BACA JUGA:IPEMI Prabumulih Bentuk Majelis Taklim, Rutin Gelar Pengajian

Bagi sebagian orang tua, sekolah lebih penting untuk masa depan anak. Orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah favorit dibanding memasukkan anak-anaknya di pondok pesantren atau di tempat-tempat menghafalkan Al-Qur’an.

Minimnya pemahaman tentang keutaman menghafal Al-Qur’an, menjadi alasan untuk tidak menghafal Al-Qur’an.

Padahal, dalam menghafal Al-Qur’an justru banyak yang bisa diambil manfaat dari proses menghafal Al-Qur’an itu sendiri. Mulai dari proses menghafal maupun metode menghafal Al-Qur’an.

Beberapa manfaat menghafal Al-Qur’an yakni akan mendapatkan keutamaan di dunia dan akhirat. Diantaranya Al-Qur’an akan mensyafaati dirinya di hari kiamat, akan memperoleh mahkota kemuliaan, akan mendapatkan kemuliaan dari Nabi Muhammad. Selain itu, ada banyak manfaat lain yang tidak diketahui oleh orang-orang, diantaranya adalah meningkatkan prestasi seorang anak.

BACA JUGA:Situs Penghasil Uang Terbaru 2023, Tugas Mudah dan Langsung Cair Rp500.000

Dalam tulisan ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai manfaat menghafal Al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi seorang anak, diantaranya:

1. Melatih daya konsentrasi

Menghafal Al-Qur’an dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Menurut Profesor Psikologi di Universitas Imam Muhammad bin Su’ud Al-Islamiyah di Riyadh, Dr. Abdullah Subaih dengan menghafal Al-Qur’an maka siswa akan terlatih untuk berkonsentrasi karena untuk menghafal ayat-ayat Al-Quran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: