Luas Wilayah Kabupaten Banyuasin Bertambah 429,766 KM Persegi, Kok bisa?

Luas Wilayah Kabupaten Banyuasin Bertambah  429,766 KM Persegi, Kok bisa?

Peta wilayah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan--

BANYUASIN, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Kabupaten Banyuasin merupakan kabupaten terluas ke dua di provinsi Sumatera Selatan setelah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

BACA JUGA:Punya Banyak Utang, Kerjakan 5 Amalan Ini Insyaallah Lunas

Diketahui, luas wilayah Kabupaten Banyuasin saat dimekarkan dari Kabupaten Musi Banyuasin yakni 11.832,99 KM2. Namun kini luas tersebut bertambah menjadi 12.262,756 KM2 atau bertambah 429,766 KM persegi. Kok bisa?

Informasinya bertambahnya luasan wilayah Kabupaten Banyuasin, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.1.1-6117 Tahun 2022 tentang Pemberian dan Pemutahiran Kode, Data Wilayah Administrasi Pemerintahan dan Pulau.

BACA JUGA:Happy Asmara 'Ngopi Maszeh' Bius Warga PALI

BACA JUGA:Selain Masalah Ekonomi, Narkoba Juga Menjadi Pemicu Kasus Perceraian di Kota Prabumulih

"Ada sejumlah pulau yang ada di wilayah Kabupaten Banyuasin sudah ditetapkan kode wilayahnya oleh Kemendagri," ungkap Bupati Banyuasin H Askolani SH MH didampingi Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Banyuasin Ir H Kosarodin MM membeberkan alasan bertambahnya luas wilayah Kabupaten Banyuasin.

Sejumlah pulau teras buat kata dia, meliputi Pulau Burung, Pulau Betet, Pulau Borang, Pulau Berendam, Pulau Salahnama, Pulau Delta Aeksalek, Pulau Delta Aeksugihan, Pulau Delta Telang, Pulau Delta Upang, Pulau Gundul, Pulau Payung, Pulau Kalong, Pulau Kramat, Pulau Lopak Besak, Pulau Lopak Kecil Pulo, Pulau Selat Cemara, Pulau Singgris, Pulau Srijaya, Pulo Alang Tikus dan Pulo Alang Gantang.

BACA JUGA:Trader Pemula Wajib Tahu, Ini 10 Cara Trading Saham Biar Cepat Cuan

"Jadi sekarang bertambah 429,766 km persegi, karena ada penambahan pulau yang sudah ditetapkan kode wilayah oleh Kemendagri seperti Pulau Salahnama, Pulau Berendam dan sejumlah pulau lainnya," ujarnya. 

Seperti diketahui, berdasarkan data yang dihimpun, Kabupaten Banyuasin memiliki jumlah penduduk sebanyak 843.871 jiwa yang berdomisili di 21 Kecamatan dengan 288 desa dan 25 Kelurahan.

BACA JUGA:Ini 12 Kampus Terbaik di Indoenesia Versi EduRank 2023, Ada Kampus Kamu?

BACA JUGA:Miliki Kekayaan Melebihi Walikota, Ini Sumber Kekayaan Kadis PUPR Lubuklinggau

Kabupaten Banyuasin secara geografis terbagi menjadi dua wilayah yakni wilayah daratan dan perairan dengan luas laut 1.565,97 KM2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: